Dahlan Iskan Dapat Gelar “Uluy Ingan” dari Masyarakat Dayak

“Uluy Ingan artinya adalah seorang pemimpin yang arief dan bijaksana yang selalu memimpin dengan senyum dan membuat masyarakatnya lebih baik,” 
dahlan iskan - warga kehormatan ulu

KALTIM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan baru saja mendapat gelar adat dari masyarakat Dayak di Kalimantan Timur. Bekas Dirut PLN ini mendapat gelar atau nama baru ‘Uluy Ingan’. Pemberian gelar ini langsung diberikan oleh Ketua Dewan Adat Dayak Kaltim Edy Gunawan.

“Uluy Ingan artinya adalah seorang pemimpin yang arief dan bijaksana yang selalu memimpin dengan senyum dan membuat masyarakatnya lebih baik,” ujar Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi, melalui pesan singkatnya Rabu (21/8).

Pemberian gelar ini kata Faisal, ditandai dengan mengalungkan kalung manik, sebagai pertanda untuk ikatan yang lebih kuat lagi. “Dilanjutkan dengan pemasangan topi. Pak Dahlan juga diberikan sertifikat,” terang dia.

Turut hadir Gubernur Kaltim, Wakil Gubernur Kaltim, Pangdam Mulawarman, tokoh masyarakat adat sekitar 5 ribu orang. Acara ini berlangsung di Hotel Gran Senyiur, Samarinda. (chi/jpnn)

http://www.jpnn.com

***

Dahlan Iskan Dapat Gelar dari Masyarakat Dayak

Menteri BUMN, Dahlan Iskan. (Foto: Heru/Okezone)
JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mendapatkan penghargaan dari salah satu suku adat yang berada di Kalimantan. Dahlan diberikan gelar oleh masyarakat Dayak Kalimantan Timur dengan gelar atau nama baru “Uluy Ingan” yang memiliki arti seorang pemimpin yang arief dan bijaksana.

“Pak Dahlan diberikan gelar dari masyarakat Dayak Kaltim, dengan gelar Uluy Ingan yang artinya seorang pemimpin yang arief dan bijaksana yang selalu memimpin dengan senyum dan membuat masyarakatnya lebih baik,” ucap Kabag Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada Okezone, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Faisal mengatakan, pemberian gelar tersebut dilakukan dengan pemberian simbol. Di mana, simbol tersebut berupa sebuah kalung yang diindikasikan sebagai tanda untuk ikatan yang kuat. Selain itu, lanjut Faisal, tidak hanya sebuah kalung, Menteri BUMN itu pun diberikan sertifikat.

Menurut Faisal, yang menyerahkan dan sekaligus yang mengukuhkan gelar untuk Mantan Dirut PLN itu adalah Ketua Dewan Adat Ady Gunawan. “Yang memasang topi Gubernur Kaltim, tapi yang memasang kalung Pak Edy Gunawan,” katanya.

Dalam acara pemberian gelar kepada Menteri BUMN tersebut turut hadir Gubernur Kalimantan timur Pangdam Mulawarman, tokoh masyarakat. Acara pengukuhan gelar tersebut berlangsung di Hotel Gran Senyiur, Samarinda. ()

okezone.com

***

Selalu Memimpin dengan Senyuman, Dahlan Peroleh Gelar Uluy Inga

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat Dayak memberikan gelar adat Uluy Inga kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan. Artinya, seorang pemimpin arif dan bijaksana yang selalu memimpin dengan senyuman serta menjadikan masyarakatnya lebih baik.

Pemberian gelar adat dilakukan Edy Gunawan Sebagai ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Timur. Di sisi lain, Gubenur Kalimantan Timur memasangkan topi kepada Dahlan Iskan.

Secara simbolis Dahlan diberikan kalung manik-manik sebagai pertanda untuk ikatan yang lebih kuat serta sertifikat tertulis.

Pemberian gelar adat itu berlangsung pada acara Halal Bihalal dan syukuran HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh Forum Persaudaraan antar masyarakat, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Pembangunan Kebangsaan.

Acara itu dilaksanakan di Hotel Gran Senyiur Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (21/8). Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Timur, tokoh masyarakat adat dan tamu undangan yang berjumlah sekitar 5.000 orang.

Dahlan menuturkan Indonesia sebagai negara maju harus memiliki masyarakat yang sabar. Langkah itu untuk menjalani setiap perubahan. “Kalau kita perhatikan Mesir saat ini sedang dilanda prahara, kenapa? Karena pemimpin di sana terpilih sekitar 51% kurang toleran terhadap kelompok lain,” ujarnya. (Wibowo)

Editor: Irvan Sihombing

metrotvnews.com

***

Hari ini, Menteri BUMN Dapat penghargaan Gelar Adat “Uluy Inga” dari Kaltim

JAKARTA, MENITS.com – Menteri BUMN Dahlan Iskan, Rabu (21/8) pagi, di Samarinda, mendapat penghargaan Gelar Adat “Uluy Inga” dari Masyarakat Dayak Kalimantan Timur yang mengartikan seorang pemimpin arif dan bijaksana selalu memimpin dengan senyum dan membuat masyarakatnya lebih baik.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kementerian BUMN, Faisal Halimi mengatakan pengukuhan penghargaan diberikan Ketua Dewan Adat Dayak Kaltim Edy Gunawan, Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak pada Halal Bihalal dan Syukuran HUT Proklamasi yang diselenggarakan Forum Persaudaraan Masyarakat Kaltim, Forum Kewaspadaan, Forum Kerukunan Ummat Beragama, Forum Pembangunan Kebangsaan.

Acara yang diikuti sekitar 5.000 orang itu juga dihadiri Wakil Gubernur Kaltim Rarid Hajiri dan Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman.

Pengukuhan gelar ditandai dengan pemberian kalung manik, topi adat, dan semacam sertifikat sebagai pertanda ikatan yang lebih kuat lagi antara Dahlan Iskan dengan masyarakat Dayak, Kaltim.

Pada kesempatan itu Dahlan pun didaulat untuk memberikan sambutan.

Mantan Dirut PT PLN ini mengambil contoh perjalanan sebuah negara menuju demokrasi seperti yang terjadi di Mesir.

Menurut Dahlan, Mesir saat ini sedang dilanda prahara yang sangat menyedihkan, karena pemimpin yang terpilih kurang toleran terhadap kelompok lain.

Seharusnya kelompok yang tidak terpilih itu harus juga diayomi dan diperhatikan dengan baik, sehingga semua merasa sama dimata negara.

“Jangan diambil semuanya,” ujar Dahlan.

Belajar dari Mesir itu, pria kelahiran Magetan, 17 Agustus 1951 ini pun berpendapat bahwa ciri negara akan maju adalah rakyatnya sabar dalam menjalani perubahan.

“Karena itu kita pantas bersyukur ternyata Indonesia sudah berhasil menjalani fase-fase perubahan itu dengan baik,” ujar Dahlan (Szii)

menits.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: