Pabrik Bioetanol Mojokerto Diresmikan

”Hasil produksi bioetanol standar tinggi sebesar 99,5 persen ini setara produksi Jepang,” 

uploads--1--2013--08--92946-dahlan-iskan-bioetanol-mojokerto-diklaim-hasilkan-etanol-kualitas-tinggi

TRIBUNNEWS.COM,MOJOKERTO – Pabrik bioetanol PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X diresmikan, Selasa (20/8).

Pabrik berlokasi di komplek Pabrik Gula Gempol Krep kecamatan Gedek Mojokerto ini dilakukan Menteri BUMN, Dahlan Iskan bersama Presiden NEDO, Kenji Kurata.

Hadir dalam acara peresmian Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto, dan Dirut PTPN X, Subiyono

Pabrik bioetanol PTPN X merupakan industri yang dibangun atas kerjasama dengan New Energy and Industrial Technologgy Development Organization Japan (NEDO) Jepang dan Kementerian Perindustrian.

Pabrik ini didesain terintegrasi dengan pabrik gula Gempolkrep.

Dengan kapasitaas produksi terpasang 30.000 KL bioetanol per tahun, pabrik ini memanfaatkan bahan baku tetes dari PG Gempolkrep.

http://www.tribunnews.com/regional/2013/08/20/pabrik-bioetanol-mojokerto-diresmikan

***

Dua Menteri Bakal Resmikan Pabrik Bioethanol di Mojokerto

Pabrik Bioetanol Mojokerto Diresmikan

Menteri BUMN Dahlan Iskan ikut berburu tikus dengan sistem pengasapan saat berlangsung acara berburu tikus di Sidoluhur, Godean, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (28/7/2013). Acara berburu tikus yang diikuti oleh ratusan petani tersebut dilaksanakan dalam rangka BUMN Peduli Penyelamatan Hasil Panen sebagai upaya untuk mengurangi hama tikus yang merugikan petani di daerah tersebut. (TRIBUNJOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI)

Laporan Wartawan Surya,Faiq nuraini

TRIBUNNEWS.COM,MOJOKERTO – Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Menteri BUMN Dahlan Iskan direncanakan hadir dalam peresmian pabrik Bioethanol Selasa (20/8/2013) siang ini.

Dua anggota kabinet Indonesia Bersatu ini akan menyaksikan langsung persiapan produksi pabrik penghasil BBM yang bersumber dari tumbuhan dan tanaman ini.

Pabrik BBM alternatif ini berlokasi di areal Pabrik Gula (PG) Gempolkerep, Kabupaten Mojokerto.

Selain dua menteri, dalam peresmian nanti akasn hadir Dirut PTPN X Subiyono, Dirut Pertamina Karen Agustiawan. Penghasil BBM ini tidak lain adalah milik PTPN X.

Informasi yang diterima SURYA Online(Tribunnews.com Network), selain peresmian pabrik bioethanol, akan dilakukan pula penandatanganan MoU antara PTPN X dan Pertamina.

Nota kesepakatan ini terkait jual-beli bioetanol dan rencana pendirian perusahaan patungan di antara kedua BUMN tersebut. Mereka akan bersinergi membangun pabrik bioetanol baru.

Bioethanol adalah sebuah bahan bakar alternatif yang diolah dari tumbuhan. Bahan bakar ini memiliki keunggulan mampu menurunkan emisi CO2.

Bahan baku BBM jenis ini adalah tanamn dengan kadar karbohidrat tinggi, seperti: tebu, nira, sorgum, ubi kayu, garut, ubi jalar, sagu, jagung, jerami, bonggol jagung, dan kayu. Ini melimpah di Mojokerto dan sekitarnya.

http://www.tribunnews.com/regional/2013/08/20/dua-menteri-bakal-resmikan-pabrik-bioethanol-di-mojokerto

***

Bioetanol Mojokerto diklaim hasilkan etanol kualitas tinggi

Bioetanol Mojokerto diklaim hasilkan etanol kualitas tinggi – Segera disuplai ke Pertamina – Dahlan Iskan mengklaim pabrik bioetanol di Mojokerto mampu produksi etanol kualitas tinggi

Dahlan Iskan mengklaim pabrik bioetanol di Mojokerto mampu produksi etanol kualitas tinggi

LENSAINDONESIA.COM: Pabrik bioetanol yang diresmikan menteri BUMN, Dahlan Iskan, di Pabrik gula Gempolkrep Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto merupakan pabrik bioetanol pertama yang dimiliki BUMN.

Bahkan, pabrik yang ada di Mojokerto ini juga merupakan pabrik bioetanol pertama dari tetes tebu. ”Ini pabrik pertama bioetanol di BUMN. Dulu ada dari biji jarak tapi kali ini dari tetes tebu,” kata Dahlan.

Baca juga: Dahlan ajak dua pejabat Jepang naik kuda lumping dan Pabrik bioetanol resmi dibuka di Mojokerto

Menurutnya kualitas bioetanol yang dihasilkan nanti setara dengan kualitas bioetanol buatan Jepang.”Hasil produksi bioetanol standar tinggi sebesar 99,5 persen ini setara produksi Jepang,” ujarnya.

Lebih lanjut Dahlan mengatakan selama ini pabrik gula menghasilkan sampingan yakni tetes yang biasanya dijual begitu saja, namun kali ini tetes akan diolah jadi bahan baku untuk bioetanol. “Nanti tenaga dari Jepang yang akan mendampingi sampai kualitas sesuai target kita,” ungkapnya.

Dahlan menyebut untuk pemasarannya, direncanakan akan disuplaike Pertamina.”Harga sudah ada ketentuan jadi gak perlu tawar-tawar lagi,” katanya tanpa merinci harga. @rif

http://www.lensaindonesia.com/2013/08/20/bioetanol-mojokerto-diklaim-hasilkan-etanol-kualitas-tinggi.html

One Comment to “Pabrik Bioetanol Mojokerto Diresmikan”

  1. Pak, limbah spent wash nya di apakan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: