Dahlan yakin Pertamina bisa kalahkan Petronas

“Seharusnya negara, masa perusahaan rugi karena penugasan. Bisa saja naik harga dan juga bisa tidak tapi ada mekanismenya,” 
dahlan iskan - Pertamina kalahkan Petronas

Salah satu perusahaan pelat merah yang dibanggakan Menteri BUMN Dahlan Iskan adalah Pertamina. Salah satunya alasannya karena laba Pertamina tahun lalu yang tembus rekor mencapai Rp 25 triliun.

Melihat kinerja perusahaan pelat merah tersebut, Dahlan sangat optimis Pertamina bisa mengalahkan perusahaan minyak dari Malaysia, Petronas dalam hal laba. Dia menyebutkan, laba Pertamina tahun lalu saja sebenarnya bisa mencapai Rp 30 triliun jika tidak harus menanggung kerugian karena penjualan LPG 12 kg.

“Pertamina itu jika kerugian LPG tidak dimasukkan maka laba tahun kemarin mencapai Rp 30 triliun,” ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (13/8).

Melihat kinerja Pertamina saat ini, Dahlan menyebut perusahaan pelat merah ini bisa mengalahkan Petronas dengan beberapa catatan. Salah satunya adalah dengan mengalihkan kerugian penjualan LPG ke negara.

“Tidak dibebani LPG segala macam bisa, bisa kok (kalahkan Petronas). Tapi tetap tergantung iklim. Jika tahun ini Rp 30 triliun kali berapa tahun kan makin besar marginnya,” katanya.

Dalam pandangannya, sebagai korporasi, Pertamina seharusnya tidak menanggung kerugian dari penugasan penjualan LPG 12 Kg. Pemerintah seharusnya mempunyai mekanisme sendiri untuk Pertamina agar tidak rugi menjual LPG 12 Kg. Salah satu caranya bisa saja dengan menaikkan harga.

“Seharusnya negara, masa perusahaan rugi karena penugasan. Bisa saja naik harga dan juga bisa tidak tapi ada mekanismenya,” tutup mantan dirut PLN ini.

[noe]

 

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-yakin-pertamina-bisa-kalahkan-petronas.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: