3 BUMN bersiap masuk ke jajaran perusahaan top dunia

“Ternyata BUMN besar berpacu jejak Pertamina, sehingga mereka lagi antre ke saya mengajukan skema agar juga bisa cepat besar Fortune 500,” 
fortune-500

Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina, belum lama ini telah masuk jajaran perusahaan terbaik versi Fortune 500. Pertamina menduduki posisi 122 perusahaan terbaik dalam majalah ekonomi dunia tersebut.

Menteri BUMN Dahlan Iskan bercerita, dengan masuknya Pertamina, BUMN lain terpacu untuk mengikuti jejaknya. Setidaknya saat ini ada 3 BUMN yang sedang gencar untuk masuk Fortune 500.

“Ternyata BUMN besar berpacu jejak Pertamina, sehingga mereka lagi antre ke saya mengajukan skema agar juga bisa cepat besar Fortune 500,” ucap Dahlan saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (13/8).

Dahlan menyebut tiga BUMN yang sedang menyusun strategi untuk masuk Fortune 500 yaitu Mandiri, Telkom, BRI. Tiga perusahaan pelat merah tersebut berebut persetujuan Dahlan untuk melakukan beberapa aksi korporasi agar masuk Fortune 500.

“Bulan depan presentasikan langkah-langkah mereka dan mereka minta persetujuan agar bisa nyusul Pertamina. Persetujuan untuk langkah langkah akuisisi, ekspansi besar lah iya,” katanya.

Dahlan memprediksi tiga BUMN tersebut akan sudah bisa menyusul Pertamina pada tahun depan. Sebab, hingga akhir tahun ini mereka masih mempersiapkan diri. Pada Oktober nanti, perusahaan BUMN tersebut juga akan sudah mulai menyusun Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) yang kemungkinan akan diselipkan aksi besar untuk masuk Fortune 500.

“Mungkin tahun depan lah. Awal tahun mempersiapkan, sudah menyusun strategi satu bulan dan masuk RKAP,” ucapnya.

Dahlan sendiri optimis 3 perusahaan BUMN tersebut bisa masuk Fortune 500 karena mempunyai laba yang cukup besar. Sedangkan untuk perusahaan besar lainnya seperti Semen Indonesia masih membutuhkan waktu yang lama untuk masuk Fortune 500.

“Potensial Semen mungkin 2 tahun lagi. Pupuk juga. Semen harus ekspansi dulu ke Rembang, Padang, Aceh, Myanmar ke Vietnam ekspansi dulu baru masuk,” tutupnya.

[bmo]

http://www.merdeka.com/uang/3-bumn-bersiap-masuk-ke-jajaran-perusahaan-top-dunia.html

***

Jadi Perusahaan Terbaik Dunia, Pertamina Gelar Syukuran

JAKARTA – PT Pertamina akan menggelar acara syukuran dengan membentangkan banner. Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi kegembiraan karena perusahaan plat merah ini berhasil masuk dalam jajaran perusahaan terbaik dunia atau Fortune 500.

“Jumat besok (16/8) naikkan banner Fortune 500 di Pertamina sekalian ada acara syukuran kecil,” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan di Jakarta, Selasa (13/8).

Hingga saat ini mantan Dirut PLN ini masih tidak percaya bahwa perseroan yang dipimpin oleh Karen Agustiawan itu bisa cepat melesat hingga masuk dalam jajaran Fortune 500, terlebih langsung bertengker di peringkat 122.

“Saya surprise, bayangan saya masih tahun depan lah. Tapi kok malah tahun ini sudah masuk. Bisa masuk Fortune 500 saja sudah senangnya minta ampun apalagi langsung ke nomor 122 lagi. Kenapa gak masuk ke peringkat 420 lalu meningkat terus, tau-tau sudah 122,” papar Dahlan.

Meski begitu Dahlan mengakui bahwa bukan perkara mudah Pertamina untuk mempertahankan prestasi yang gemilang ini. “Memang mempertahankannya tidak mudah,” tutup pria berusia 62 tahun ini. (chi/jpnn)

jpnn.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: