Hatta Marah Dahlan Sampaikan Usul Soal JSS di Luar Rapat

“Semua itu dibahas, ada di tim tujuh, usul apa pun silakan dibahas di situ. Jangan sendiri-sendiri. Ini pemerintahan, pemerintahan itu ada aturannya,” 

Hatta Marah Dahlan Sampaikan Usul Soal JSS di Luar Rapat

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyesalkan pernyataan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang bicara pada media mengenai proyek Jembatan Selat Sunda.

Tanpa menentang usul Dahlan mengenai penggunaan dana APBN untuk pembangunan JSS, Hatta meminta semua usul disampaikan dalam koridor rapat tim tujuh–tim bentukan Hatta untuk menyelesaikan silang pendapat antarmenteri mengenai pembangunan proyek Rp200 triliun tersebut.

“Menteri PU (Pekerjaan Umum) sudah usulkan secara resmi ke tim tujuh, tiba-tiba ada usulan seperti itu lagi. Itu kok seperti gimana gitu. Semua itu dibahas, ada di tim tujuh, usul apa pun silakan dibahas di situ. Jangan sendiri-sendiri. Ini pemerintahan, pemerintahan itu ada aturannya,” tegas Hatta ketika ditemui di kantornya, Rabu 31/7).

Menginginkan dibahas dalam koridor rapat, Hatta tidak mau mengomentari usul Dahlan. Ia hanya menyampaikan, semua berhak berusul.

Ia hanya mengatakan, “Mudah-mudahan orang timur nggak protes wong bikin jembatan saja susah, bikin waduk susah.”

Tim tujuh terakhir bertemu dalam rapat koordinasi pada dua pekan lalu.

Usulan sementara yang mencuat adalah studi kelayakan proyek tersebut dikerjakan oleh BUMN dan pemrakarsa proyek tersebut, yakni konsorsium PT Graha Banten Lampung Sejahtera yang sebagian besar sahamnya dimiliki pengusaha Tomy Winata.

Ditanyakan kapan tim tujuh akan rapat lagi, Hatta mengaku masih menunggu kabar dari Kementerian Keuangan.

“Menunggu Menteri Keuangan karena tim tujuh sudah memiliki usulan. Kemudian, usulan itu lagi dibahas Menteri Keuangan. Kalau Menteri Keuangan sudah siap, dia meminta waktu kepada saya untuk rakor,” katanya.

Menteri Keuangan Chatib Basri belum menyampaikan pandangannya mengenai studi kelayakan maupun pembangunan proyek JSS ditemui dalam beberapa kesempatan. Selasa (30/7) malam, Chatib juga tidak mau mengomentari usul Dahlan mengenai keseluruhan proyek dikerjakan dengan uang APBN sambil merujuk pada rencana rapat tim tujuh bersama dirinya.

Menteri keuangan sebelum Chatib, Agus DW Martowardojo sebelumnya menentang studi kelayakan dilepas ke konsorsium.
Ia meminta studi kelayakan dilakukan dan dibiayai APBN supaya proyek pembangunan JSS maupun pembangunan kawasan di Lampung dan Banten bisa dipertanggungjawabkan. Pandangan Agus ini ditentang Hatta.

Usul Menteri BUMN pemerintah membiayai proyek lebih dari sekedar studi kelayakan.
Dahlan menyampaikan usul untuk membangun proyek tersebut dengan dana APBN seperti diwartawakan pada Selasa. Menurutnya, APBN mampu membiayai proyek tersebut karena dana yang keluar pertahun diperkirakan Rp20 triliun. (Gayatri)

http://www.metrotvnews.com/ramadan/read/2013/07/31/2/172207/Hatta-Marah-Dahlan-Sampaikan-Usul-Soal-JSS-di-Luar-Rapat

Iklan

One Comment to “Hatta Marah Dahlan Sampaikan Usul Soal JSS di Luar Rapat”

  1. Beda sekali ya…. antara birokrat murni dengan birokrat yang berpihak pada rakyat. Sebagai birokrat murni, Menko Perekonomian Hatta Rajasa melangkah sesuai ketentuan yang ada, tak peduli apakah proyek itu bisa segera direalisasikan atau tidak. Sedangkan Menteri BUMN Dahlan Iskan berpikir, bagaimana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) segera terealisasikan agar masyarakat bisa menikmatinya dengan kelancaran lalu lintas dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya. Hatta sama sekali gak peduli, JSS kapan akan jadi dan bisa membantu kelancaran transportasi antar dua pulau tersebut. Bagi dia, yang penting semuanya sesuai dengan birokrasi yang sudah direncanakan. Sehingga, ketika Dahlan mewacanakan agar pembangunan JSS menggunakan dana APB multiyears, Hatta pun sewot dan menyesalkan wacana yang dilontarkannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: