Dahlan Iskan tantang investor kelola pabrik gula yang mangkrak

“Jadi silakan saja kalau ada investor yang mau mengembangkan lahannya. Bagi investor yang berani menerima tantangan ini, Kementerian BUMN akan terbuka lebar untuk tindaklanjutnya. Asal kedepannya tetap untuk kepentingan publik. Seperti rumah sakit, sekolah, pasar, dan lain sebagainya,”

PG-Colomadu

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menantang investor untuk mengelola pabrik gula (PG) Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah yang lama mangkrak. Ucapan Dahlan tersebut dilontarkan usai meninjau eks Pabrik Gula Colomadu.

Dahlan yang didampingi Bupati Karanganyar, Rina Iriani dan Dirut PTPN IX Adi Prasongko, mengelilingi lokasi eks PG Colomadu dengan mengendarai mobil pribadinya. Kendati jalan yang dilewati rusak cukup parah dan terhalang ilalang liar, Dahlan tidak terlihat canggung keliling lokasi lahan eks PG Colomadu tersebut.

“Keberadaan PG Colomadu saat ini sudah tidak efektif lagi untuk dioperasionalkan sebagai pabrik gula modern. Selain karena sudah cukup lama tidak beroperasi, mesin-mesin yang dimiliki saat ini juga sudah tidak dapat bekerja secara optimal,” ujar Dahlan, Senin (29/7).

Dahlan menilai, saat ini lokasi PG Colomadu sangat dekat dengan lokasi perkotaan dan penduduk. Sehingga sulit untuk dikembangkan lagi menjadi pabrik gula.

“Jadi silakan saja kalau ada investor yang mau mengembangkan lahannya. Bagi investor yang berani menerima tantangan ini, Kementerian BUMN akan terbuka lebar untuk tindaklanjutnya. Asal kedepannya tetap untuk kepentingan publik. Seperti rumah sakit, sekolah, pasar, dan lain sebagainya,” tegasnya.

Dahlan menuturkan, investor nantinya dibebaskan untuk memilih peruntukan dalam pengelolaan lahan. Untuk tindaklanjutnya, pihak investor bisa bekerjasama dengan PTPN IX.

Sementara itu Dirut PTPN IX Adi Prasongko menyambut baik keinginan Dahlan Iskan tersebut. PG Colomadu, sudah tidak dapat lagi dioperasikan, mengingat mesin-mesinnya sudah tak memenuhi syarat.

“Kami sepakat dengan ide pak Dahlan, sebab mesin-mesin di PG Colomadu ini sudah tak dapat beroperasi dengan baik. Sudah tak bisa difungsikan sebagai pabrik gula modern lagi,” katanya.

[tyo]

 

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-iskan-tantang-investor-kelola-pabrik-gula-yang-mangkrak.html

Iklan
Tag:

One Comment to “Dahlan Iskan tantang investor kelola pabrik gula yang mangkrak”

  1. Ada aja ide rasional Pak Dahlan Iskan ini. Cerdas sekali ya … tahu mana yang harus dilanjutkan, mana yang harus ditawarkan, mana yang harus dibunuh. Doa saya semoga jadi presiden RI 2014 nanti, insya Allah banyak solusi untuk kemajuan bangsa ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: