Mingu Depan Hatta-Dahlan Bahas Tudingan Monopoli BUMN

“Segera minggu depan. Soalnya tadi semua asosiasi ngomongin sama semua. Jadi harus saya klarifikasi segera,”
dahlan hatta
JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan akan segera memanggil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terkait keluhan asosiasi pengusaha yang menuding Pelindo memonopoli kegiatan pelabuhan dan bandara.

“Segera minggu depan. Soalnya tadi semua asosiasi ngomongin sama semua. Jadi harus saya klarifikasi segera,” kata Hatta akhir pekan ini.

Hatta mengatakan, harus menanyakan dulu kebenarannya apa yang dikeluhkan oleh para asosoasi pengusaha jasa transportasi dan logistik kepelabuhan maupun bandara sebelum mengambil langkah untuk menyelesaikannya.

Sebelumnya sejumlah asosiasi pengusaha transportasi dan logistik Indonesia sangat resah dengan gencarnya Pelindo yakni perusahaahn milik Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) melakukan ekspansi bisnis.

Mereka menilai gencarnya Pelindo membangun anak usaha hingga lebih dari 20 unit untuk usaha kepelabuhan dan bandara. Dikhawatirkan hal itu akan mematikan sektor swasta yang sudah puluhan tahun menjalankan usaha jasa transportasi dan logistik.

Keluhan tersebut sudah lama disuarakan oleh asosiasi pengusaha, namum belum mendapat tanggapan dari pemerintah.

(rhs)

okezone.com

***

BUMN Kuasai Sektor Logistik, Hatta Akan Tanyakan Dahlan Iskan

JAKARTA (Pos Kota) – Menko Bidang Perekonian Hatta Rajasa menilai ada persaingan yang tidak sehat, kalau seandainya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menguasai bisnis pembangunan infrastruktur logistik dan jasa logistik nasional.

“Karenanya, dalam rapat nanti saya akan menanyakan kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait adanya kabar rencana penguasaan sektor logistik oleh BUMN,” papar Hatta dalam acara ‘talk show’ dengan pelaku bisnis dalam kegiatan Sistem Logistik Nasional (Sislognas) , di Jakarta, Jumat (26/7) sore.

Hatta menjelaskan itu ketika ditanya pelaku bisnis sektor logistik, bahwa ada pembagian porsi yang lebih besar dalam bisnis sektor logistik khususnya di bidang jasa logistik oleh BUMN.

Hatta menjelaskan penguasaan yang lebih sektor logistik oleh BUMN justru akan mematikan bisnis logistik yang ditangani oleh swasta. “Kalau ini yang terjadi maka telah terjadi persaingan yang tidak sehat dalam bisnis sektor logistik,” papar Hatta.

Hatta yang juga ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan, yang namanya persaingan muaranya bagaimana menciptakan efisiensi, bagaimana persaingan antara BUMN dan swasta dapat menciptakan keunggulan bidang logistik.

Menurutnya, dalam bisnis sektor ini tidak boleh ada yang dimatikan, dan BUMN memiliki tugas di samping tugas komersil, juga bersama-sama mengembangkan usaha dengan tidak mematikan sektor swasta.

“Sebab kalau semua sektor logistik dikuasai BUMN maka itu tidak sehat. Karena itulah, saya akan mempertanyakan kepada Pak Dahlan Iskan,” tegas Hatta.

Ia menjelaskan dalam bisnis sektor logistik ini agar tidak terdistorsi. Bahkan Hatta mencontohkan penguasaan Angkasa Pura di bandara setiap ada ruang kosong selalu dimanfaatkan untuk disewakan, seperti kantor valuta asing, atau yang lainnya. (Johara/d)

poskotanews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: