Mobil listrik Dahlan sekelas Alphard diberi nama Gendhis

“Di sana juga ada yang penting (mobil listrik), satu lagi namanya Gendhis setingkat Alphard,”

Kemapuan-Bangsa

Jakarta – Mobil listrik karya putra putri bangsa Indonesia siap dipamerkan pada KTT APEC di Nusa Dua Bali. Mobil listrik yang ditampilkan antara lain tipe sport car dengan nama ‘Selo’ dan tipe minibus sejenis Alphard dengan nama ‘Gendhis’.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan kepada wartawan seperti dikutip Jumat (26/7/2013).

“Di sana juga ada yang penting (mobil listrik), satu lagi namanya Gendhis setingkat Alphard,” ucap Dahlan.

Selain itu juga ditampilkan bus listrik dalam KTT APEC tersebut. Semua mobil listrik ini akan digunakan untuk operasional delegsi APEC non kepala pemerintahan di kawasan Nusa Dua. Mobil listrik buatan Indonesia ini diciptakan oleh Ricky Nelson dan Dasep Ahmadi.

“Buat delegasi tapi non kepala pemerintahan. Kan ada setingkat Menteri, Dirjen, Media. Itu nanti akan ada 200 mobil. Dia terus muter venue di Nusa Dua, itu terdiri dari mobil bio diesel 150 unit sisanya mobil listrik dan hybrid. Itu yang boleh beroperasi di Nusa Dua,” tambahnya.

***

Mobil listrik Dahlan sekelas Alphard diberi nama Gendhis

Menteri BUMN Dahlan Iskan seakan tak pernah jera melanjutkan proyek mobil listrik miliknya. Padahal mobil listrik kelas Ferarri, Tucuxi kecelakaan menabrak tebing beberapa waktu lalu. Dahlan masih terus melanjutkan pembuatan mobil listrik generasi ketiga setelah Ahmadi, Tucuxi, dan kini sedang dipersiapkan sebuah mobil listrik terbarunya.

Mobil listrik generasi ketiga Dahlan masih mengusung beberapa kelas, diantaranya kelas Ferarri, Alphard, serta bus listrik. Untuk kelas Ferarri, Dahlan memberi nama mobilnya itu Selo. Sedangkan untuk tipe Alphard Dahlan memberi nama Gendhis.

“Yang sekelas Ferarri kan Selo, kalau untuk kelas Alphard namanya Gendhis,” kata Dahlan ketika ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7) malam.

Dahlan tidak menjelaskan lebih jauh apa arti dan makna pemberian nama Gendhis untuk mobil listriknya. Sedangkan untuk bus listrik, Dahlan sama sekali belum memberi nama. “Bus-nya belum,” katanya.

Kedua mobil listrik ini akan dipamerkan di ajang APEC di Bali nanti beserta bus listrik lainnya. Bus listrik akan digunakan sebagai kendaraan operasional di Nusa Dua yang akan mengangkut delegasi APEC non pemerintahan.

“Bus listrik nanti delegasi non kepala pemerintahan setingkat Menteri, Dirjen dan media. Itu akan bergerak terus muter Nusa Dua dari satu titik ke titik lainnya,” tambahnya.

Dahlan menyebut akan ada 300 mobil ramah lingkungan yang terdiri dari mobil listrik, bio diesel serta mobil hybrid yang akan beroperasi di Nusa Dua selama ajang APEC berlangsung.

“Kalau tidak ramah lingkungan selebih tidak boleh dioperasikan di Nusa Dua,” tutupnya.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/mobil-listrik-dahlan-sekelas-alphard-diberi-nama-gendhis.html

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 232 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: