Dahlan Iskan : Tak Mau Kereta Api, Bisa Pakai Damri


Pemerintah Sudah Sediakan Angkutan Murah Medan-Kualanamu

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memberi solusi bagi para penumpang yang merasa keberatan dengan biaya tiket kereta api Rp 80 ribu dari Medan menuju Bandara Kualanamu. Dahlan menganjurkan pihak yang keberatan dengan harga tiket kereta api untuk menggunakan jasa layanan Damri yang harganya jauh lebih murah.

“Kita sudah sediakan angkutan yang sangat murah, namanya Damri. Dari Polonia ke bandara (Kualanamu, red) cuma Rp 15 ribu,” utur Dahlan usai menghadiri acara buka puasa bersama Presiden dan 5 ribu anak yatim yang digelar oleh BRI di JCC Hall B, Jakarta, Kamis (25/7) malam.

Selain itu, ada pula Damri dari Terminal Amplas ke Kualanamu dengan harga tiket Rp 10 ribu. Karenanya, warga yang merasa keberatan dengan mahalnya harga tiket kereta api untuk naik Damri.

“Ya sudah, jangan naik kereta api kalau gak mau bayar mahal. Wahai para penumpang naik saja Damri. Selesai toh?” tukas mantan Dirut PLN itu.

Diakuinya pula, salah satu keluhan adalah tentang airport tax di Kualanamu yang mencapai Rp 100 ribu. Dahlan menambahkan, mahal atau murah itu tergantung pada pelayanan yang diberikan di Bandara Kualanamu.

“Kalau dibilang mahal terus maunya berapa? Kalau mau murah apa mau balik ke Bandara Polonia lagi,” tegasnya.(chi/jpnn)

jpnn.com

***

Dahlan janji operasikan Damri tarif murah Kualanamu

Bandara Kualanamu Dua orang penumpang pesawat berjalan di Terminal Keberangkatan Luar Negeri Bandara Internasional Kualanamu, pada pengoperasian hari pertama, di Deli Serdang, Sumut, Kamis (25/7). Bandara Kualanamu seluas 1.365 hektar resmi beroperasi, menggantikan layanan penerbangan di Bandara Polonia, di Medan. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi) ()

Jakarta (ANTARA News) – Menteri BUMN Dahlan Iskan berjanji akan menyediakan angkutan bandara Damri dari Kota Medan ke Bandara Kualanamu, Deli Serdang, pulang pergi untuk mempermudah akses masyarakat menuju.

“Tarif angkutan Damri itu dipatok murah, sehingga tidak terlalu memberatkan calon penumpang pesawat yang menuju bandara,” kata Dahlan, usai berbuka puasa dengan anak yatim di Jakarta Convention Center, Kamis.

Menurut Dahlan, titik pemberangkatan Damri akan ditempatkan di dua lokasi yaitu di Terminal Amplas, dan eks bandara Polonia.

Tarif bis Damri dari Amplas menuju Kualanamu akan dikenakan sebesar Rp10.000 per penumpang, sedangkan dari Polonia dikenakan Rp15.000 per penumpang.

Dahlan optimistis angkutan yang disediakan Damri yang juga merupakan BUMN Transportasi ini akan menjadi favorit masyarakat, pasalnya tarif angkutan yang ada cenderung mahal.

Ia membandingkan naik taksi dari Polonia ke Bandara Kualanamu berkisar Rp130.000, naik bis angkutan umum dari berbagai lokasi bervariasi antara Rp10.000-Rp30.000 per penumpang.

Sedangkan tarif kereta api dari Stasiun Besar Medan yang terintegrasi ke Bandara Kualanamu saat ini dipatok Rp80.000 per penumpang.

“Naik angkutan umum dari Medan rata-rata menempuh waktu sekitar 1 jam, jika tidak dalam kondisi macet,” ujarnya.

Dengan begitu, Dahlan mengaku optimistis angkutan bandara Damri akan menjadi moda transportasi yang ditunggu-tunggu masyarakat di wilayah itu.

Meski begitu mantan Direktur Utama PLN ini tidak merinci lebih lanjut kapan pengadaan bus Damri tersebut akan teralisasi.

“Tunggu saja. Yang penting kita sudah memiliki niat untuk merealisasikannya. Tinggal bergerak saja, karena memang bus Damri sangat dibutuhkan publik,” tegasnya.

http://www.antaranews.com

***

Dahlan Sediakan Bus Damri di Kuala Namu

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan akan memberi alternatif transportasi murah bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan akses jalan ke Bandar Udara (Bandara) Kuala Namu, di Medan.

Dahlan mengklaim akan menyedaikan bus Damri. Trasnportasi Damri yang biasanya disediakan bagi masyarakat Jakarta dan sekitar untuk menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta) juga bakal ditemukan di lokasi-lokasi yang menuju Bandara Kuala Namu, Medan.

“Kami akan sediakan transportasi murah, yaitu Damri. Nanti akan disediakan dari Polonia atau terminal Amplas guna menuju bandara,” ujar Dahlan di Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Menurut Dahlan, tarif yang akan dikenakan bagi masyarakat yang menggunakan Damri dari Polonia ke bandara Kuala Namu hanya Rp15.000. Sementara, dari terminal Amplas hanya dibebani biaya Rp10.000.

Dahlan berharap agar masyarakat Medan tidak menggunakan akses kereta api untuk menuju bandara. Meski terbilang cepat, namun akan membuat masyarakat merogoh kocek yang cukup besar untuk memanfaatkan akses transportasi tersebut

“Tolong sampaikan kepada masyarakat jangan pakai kereta kalau mau murah. Pakai Damri saja jika ingin yang murah,” ucapnya. [hid]

http://ekonomi.inilah.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: