Batal beli pesawat ATR, Dahlan dorong Garuda beli CN-295

“Saya bersyukur siapa tahu nanti mereka mau beli CN-295 banyak manfaat untuk dalam negeri,”

batal-beli-pesawat-atr-dahlan-dorong-garuda-beli-cn-295

Garuda Indonesia dikabarkan membatalkan pembelian pesawat ATR. Padahal, rencana pembelian pesawat kecil yang awalnya disiapkan untuk melayani rute ke bandara kecil, sudah masuk dalam belanja modal perseroan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan mengenai belanja modal atau capex Garuda Indonesia. Tahun ini Garuda menganggarkan sekitar Rp 1,2 triliun untuk membeli pesawat ATR. Namun rencana ini dibatalkan oleh pihak Garuda.

Dahlan merasa bersyukur karena Garuda tidak melanjutkan pembelian pesawat ATR. Sebaliknya, Dahlan justru ingin mendorong Garuda membeli pesawat buatan dalan negeri yaitu CN-295.

“Saya bersyukur siapa tahu nanti mereka mau beli CN-295 banyak manfaat untuk dalam negeri,” ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (26/7).

Dahlan menilai, pesawat ATR tidak lebih bagus dibanding pesawat buatan anak negeri CN-295. Namun demikian saat ini Garuda masih menahan dana capex nya dan belum akan digunakan.

“Sementara freeze dulu. Soal apakah dilaksanakan tahun depan atau gimana saya serahkan ke manajemen. Tapi saya mendorong penggunaan CN-295. Ini menghemat devisa jika dipesankan ke CN-295,” tutupnya.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/batal-beli-pesawat-atr-dahlan-dorong-garuda-beli-cn-295.html

***

Dahlan Dukung Garuda Beli CN 295 Ketimbang Pesawat Buatan Prancis

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan bersyukur atas sikap manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang menunda pembelian pesawat buatan Prancis, ATR 72-600. Dia justru mendorong maskapai pelat merah ini untuk mendatangkan pesawat CN 295.

BERITA TERKAIT
Bos Sido Muncul Ngaku Tak Bayar Dahlan buat Jadi Bintang Iklan Bos Sido Muncul Ngaku Tak Bayar Dahlan buat Jadi Bintang Iklan
Pelindo II Akui Ada Fasilitas Mobil Dinas Untuk Istri Dirut Pelindo II Akui Ada Fasilitas Mobil Dinas Untuk Istri Dirut
CN 295 merupakan hasil produksi dari produsen pesawat dalam negeri milik pemerintah, yakni PT Dirgantara Indonesia.

“Saya bersyukur karena pembelian ATR tidak jadi terlaksana, dan siapa tahu mereka mau membeli CN 295 yang mendatangkan banyak manfaat untuk dalam negeri. Bisa menghemat devisa,” ungkap dia saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Menurut Dahlan, Garuda Indonesia telah menganggarkan belanja modal senilai Rp 1,2 triliun untuk membeli ATR. Dengan penundaan tersebut, dia mengaku belum mengetahui kepastian penggunaan belanja modal itu.

“Saya serahkan urusan itu ke manajemen, apakah mau digunakan tahun depan atau kapan saja. Tapi saya mendorong pemesanan CN 295,” papar dia.

Menurut Direktur Keuangan Garuda Indonesia, Hendrito Hardjono mengatakan, skema sewa pembiayaan ATR dirubah menjadi sewa operasi. “Belanja modal dihilangkan karena skema keuangan dirubah dari finance menjadi operating leasing,” ujarnya.

Dengan begitu, dia bilang, pesawat (ATR) tetap akan didatangkan ke Indonesia. “Untuk jumlah pembayaran masih difinalisasikan,” tukas dia.(Fik/Ndw)

liputan6.com

Iklan

One Comment to “Batal beli pesawat ATR, Dahlan dorong Garuda beli CN-295”

  1. Orang luar aja mengakui kualitas dlm negeri, knp msh beli pesawat dr luar ?(ATR) Kapan industri dlm negeri bs melesat kl kita sendiri tdk pake (beli).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: