Operasional Perdana Bandara Kuala Namu, Dahlan: Pesawat Pertama On Time

“Saya perkirakan awalnya akan banyak pesawat yang terlambat, penumpang tidak tahu bagaimana check in tapi ternyata tidak. Pesawat pertama on time, pesawat kedua dan ketiga juga on time,”

kuala-namu-dahlan-iskan-ist

Jakarta – Operasional perdana Kuala Namu Internatiomal Airport (KNIA) berjalan lancar tanpa hambatan berarti, Kamis (25/7) pagi. Pesawat pertama pun terbang sesuai jadwal.

“Saya perkirakan awalnya akan banyak pesawat yang terlambat, penumpang tidak tahu bagaimana check in tapi ternyata tidak. Pesawat pertama on time, pesawat kedua dan ketiga juga on time,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di KNIA.

Pesawat pertama yang berangkat adalah Garuda Indonesia GA 181 tujuan Jakarta. Pesawat jenis Boeing 737-800 itu lepas landas sekitar pukul 05.15 WIB.

“Semuanya lancar, saya jadinya ingin pulang lebih pagi karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hebat ini Angkasa Pura II antisipasinya,” imbuhnya.

Memang ada beberapa catatan, misalnya masalah penunjuk arah yang belum jelas. “Tapi yang terpenting saat ini penerbangan berjalan lancar, dengan demikian pengelola bandara bisa fokus pada aspek yang lain,” harapnya.

http://news.detik.com

***

Operasional perdana KNIA sukses

MEDAN – Operasional perdana Kuala Namu International Airport hari ini berlangsung sukses. Meneg BUMN Dahlan Iskan yang mengikuti proses berakhirnya tugas Bandara Polonia dan operasional perdana Bandara Kuala Namu mengaku puas atas kelancaran proses operasional dua bandara ini.

Meski sempat khawatir atas kepindahan semua layanan penerbangan dalam dan luar negeri dari Bandara Polonia ke KNIA, namun Dahlan Iskan mengakui semua proses kepindahan dan layanan bisa dikatakan lancar dan sukses.

Kepada wartawan, Dahlan yang menyaksikan detik-detik operasional KNIA didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menerangkan, dirinya sempat khawatir penerbangan perdana akan penuh kendala. Seperti penumpang terlambat, atau pesawat terlambat sehingga mengganggu seluruh penerbangan dalam dan luar negri.

Namun dari pantauan detik per detik, semua kekhawatiran itu berangsur-angsur hilang. Dalam konferensi persnya, Dahlan Iskan mengaku sangat puas karena tidak ada satupun penerbangan baik keberangkatan dan kedatangan yang terlambat.

Dahlan dan Wagubsu tiba di KNIA sekitar pukul 04.00 WIB, dalam operasional perdana KNIA turut hadir Dirut Angkasa Pura II Tri S Sunoko. Begitu tiba mereka langsung meninjau seluruh keadaan bandara, mulai penyerahan tiket masuk penumpang, system bagasi, ruang tunggu, stasiun kedatangan kereta api, kantin, hingga toilet dan mushola bandara.

Sesekali Dahlan berdialof dengan para penumpang tentang proses kepindahan bandara Polonia ke KNIA. Dari dialog itu, tergambar jelas para penumpang mengaku sangat kagum dengan kemegahan arsitektur dan kecanggihan fasilitas yang dimiliki KNIA.

“Karena baru pertama ada sedikit rasa canggung dan bingung, namun harus diakui saya kagum dengan kemegahan dan kecanggihan bandara KNIA. Ini bisa dibilang terbaik di Indonesia,” kata seorang penumpang hari ini, dalam penerbangan perdana.

Dirut AP II Tri S Sunoko melaporkan penerbangan perdana dari KNIA dilakukan maskapai Garuda Indonesia GA 181 tujuan Jakarta. Pesawat jenis Boeing 737-800 itu lepas landas sekitar pukul 05.15 WIB. Lalu disusul pesawat tujuan Bandung, Padang dan Palembang.

“Semua sudah berangkat tepat waktu dan alhamdulillah tidak ada masalah besar,” jelas Tri S Sunoko, hari ini.

Dahlan kemudian tersenyum lebar dan memuji Sunoko yang telah menjawab segala kehawatirannya selama ini. “Hebat, betul betul hebat, semula saya khawatir terdapat masalah dalam penerbangan perdana ini, tapi nyatanya tidak, hebat, hebat,” kata Dahlan puas.

Dahlan juga memuji Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang pro aktif menyiapkan kepindahan bandara dari Polonia ke KNIA.

“Kelancaran ini karena persiapan yang matang dan tak lepas dari partisipasi Pempropsu yang sangat peduli menggiring proses pembangunan hingga terbang perdana hari ini,” imbuh Dahlan.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang kesiapan bandara menghadapi lonjakan penumpang mudik lebaran, Dahlan menjelaskan berdasarkan data statistic penerbangan 5 tahun terakhir, lonjakan tersebut tidak terlalu tinggi sehingga ke depan KNIA tetap masih siap menyongsong lonjakan penumpang.

Terkait sejumlah fasilitas seperti penunjuk arah, penerangan jalan dan lain lain, Dahlan menerangkan sejumlah masalah pendukung akan diselesaikan bertahap dan segera mulai hari perdana operasional KNIA. “Kan yang paling penting kelancaran system penerbangannya. Nah, sekarang kan sudah lancar ,maka berikutnya konsentrasi pihak bandara adalah pada faktor penunjang lainnya”, jelasnya.

Wagubsu mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada pemerintah pusat yang telah menyelesaikan pembangunan bandara kebanggaan Sumut itu.

“Kami warga Sumatera Utara sudah 19 tahun menantikan bandara ini, sejak tahun 1990 pembebasan lahan sudah dimulai dan Alhamdulillah hari ini sudah selesai dan hasilnya sangat memuaskan,” kata Tengku Erry.

Wagubsu berharap dengan beroperasinya bandara dengan nama resmi Kuala Namu International Airport (KNIA) ini, Sumut akan semakin bangkit dan tak lupa mengajak seluruh masyarakat untuk sama menjaga dan memelihara bandara kebanggaan Sumut dan Indonesia itu. Terkait akses dari dan ke bandara, Wagubsu menjelaskan bahwa sudah tersedia berbagai moda transport yang lengkap mulai dari bus, taksi dan kereta api yang sudah beroperasi.

Antony Siahaan Kadis Perhubungan Pempropsu menambahkan, Gubernur Sumatera Utara H.Gatot Pujo Nugroho berpesan akan menambah koridor bus pemadu moda ke KNIA dengan melihat kebutuhan yang ada. Sejauh ini koridor bus masih ada tiga yaitu dari Medan Fair Plaza dan Amplas dengan armada DAMRI serta dari Binjai dengan armada ALS.

“Jika melihat koridor lainnya seperti Siantar, Kabanjahe dan Belawan, kita akan lihat demand yang ada. Jika memungkinkan kenapa tidak kita tambah koridornya. Gubsu sudah berkomitmen meningkatkan pelayanan prima buat masyarakatnya,” tambah Antony.

Usai temu pers, Dahlan dan Wagubsu menunggu kedatangan perdana di lantai 2 bandara. Setibanya penumpang pertama, Dahlan dan wagubsu memberikan kalungan bunga serta souvenir sebagai rasa syukur dan terimakasihnya atas keselamatan seluruh penumpang yang datang.

http://www.waspada.co.id

Iklan

One Comment to “Operasional Perdana Bandara Kuala Namu, Dahlan: Pesawat Pertama On Time”

  1. Selamat dan sukses atas operasionalisasi Bandara Internasional Kuala Namu, Medan. Ini hasil karya anak bangsa keroyokan BUMN Karya dibawah pimpinan PT (Persero) Angkasa Pura II. Ternyata, bangsa Indonesia bisa membangun secara mandiri tanpa melibatkan asing. Dari sinilah martabat bangsa akan mulai terbangun, tidak terus terusan jadi inlander….. Inilah kalau anak bangsa dikasih kesempatan berkarya, hasilnya nyata dan membanggakan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: