Dahlan Iskan Ubah Hutama Karya jadi BUMN Tol

“Hutama Karya saya minta dirubah menjadi perubahan jalan tol. Namun, bukan berarti Hutama Karya tidak membangun proyek seperti jembatan, gedung dan lainnya. Ini bisa dikerjakan oleh anak usahanya,” 

JAKARTA, FAJAR — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, mengubah PT Hutama Karya dari BUMN Karya menjadi BUMN tol. Perubahan ini dilakukan setelah ada penunjukan perseroan untuk mengerjakan beberapa ruas jalan tol di Sumatera.

Untuk membangun proyek jembatan dan sebagainya, menurut Dahlan masih bisa dikerjakan oleh anak usaha HK.

“Hutama Karya saya minta dirubah menjadi perubahan jalan tol. Namun, bukan berarti Hutama Karya tidak membangun proyek seperti jembatan, gedung dan lainnya. Ini bisa dikerjakan oleh anak usahanya,” tutur Dahlan di kantornya, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin 22 Juli.

Hutama Karya, kata Dahlan, memiliki beberapa anak usaha, salah satunya adalah PT Istaka Karya yang dinilai Dahlan sudah memiliki tingkat kemampuan yang tinggi dalam melakukan konstruksi. “Istaka sudah grade 7. Grade 7 itu yang bisa mengerjakan pekerjaan besar,” terang dia.

Alasan lain mengubah HK menjadi BUMN tol, karena menurut Dahlan, Menteri Pekerjaan Umum (PU) masih bimbang dalam menunjuk HK.

“Menteri PU agak gamang, karena HK bukan perusahaan jalan tol, makanya saya rubah. Kalau 1-2 minggu ini (Hutama Karya ini berubah-red), kemungkinan bisa langsung penunjukan,” pungkas mantan Dirut PLN ini.

Seperti diketahui, pemerintah hingga saat ini belum memutuskan siapa yang akan menggarap proyek jalan tol Trans Sumatera. Padahal, empat dari 24 ruas jalan tol Trans Sumatera harus sudah dikerjakan tahun ini. Keempat ruas tersebut antara lain, Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Indralaya-Palembang dan Bakaheuni-Lampung. Terlebih, keempat ruas tersebut akan ground breaking pada bulan Oktober dan September 2013. (chi/jpnn)

http://www.fajar.co.id/dahlaniskan/2837179_6441.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: