Dahlan Cek Kedatangan 2 Kapal `Penyedot Motor` Asal Korea

“Jadi nanti bisa sepeda motor bisa disedot semua sekitar 1.500 unit langsung sekaligus. Mobil tidak usah diangkut. Diizinkan atau tidak lihat saja nanti, tapi ini demi kelancaran pemudik,”

setelah-inggris-dahlan-datangkan-dua-kapal-raksasa-bekas-korea

Liputan6.com, Jakarta : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan berencana menyambangi area pusat PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) di Jakarta Utara untuk mengecek kedatangan dua kapal besar milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

“Saya akan menghubungi seseorang (manajemen Dok Kodja Bahari) dan menanyakan apakah dua kapal tersebut sudah tiba di Dok Kodja? Kalau sudah, saya langsung meluncur ke Dok Kodja, jika belum saya akan ke tempat lain,” kata dia saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (22/7/2013).

Dahlan menyebut, dua kapal tersebut telah tiba di pelabuhan Batam beberapa hari yang lalu. Dan kapal bekas Korea itu akan langsung dikirim kepada ASDP.

“Itu kapal bekas dari Korea, tapi masih bagus. Nah sebelum ke ASDP, kapal harus dibersihkan (badan kapal) dan dipasang alat pengaman lebih dulu karena ASDP tidak bisa membersihkannya,” terang dia.

Dua kapal tersebut, lanjut Dahlan, bakal digunakan untuk memperkuat jalur perintis Merak sebanyak satu unit dan satu unit lagi untuk melayani jasa pengangkutan jalur Ketapang-Gilimanuk.

Untuk menyambut lebaran, dia bilang, kapal ASDP ini berfungsi sebagai vacum cleener khusus bagi kendaraan roda dua alias motor. Sayang Dahlan tak ingat ketika ditanya mengenai harga dua kapal tersebut.

“Jadi nanti bisa sepeda motor bisa disedot semua sekitar 1.500 unit langsung sekaligus. Mobil tidak usah diangkut. Diizinkan atau tidak lihat saja nanti, tapi ini demi kelancaran pemudik,” pungkas Dahlan dengan tampilan sedikit trendi menggunakan topi di kepalanya. (Fik/Nur)

liputan6.com

***

Setelah Inggris, Dahlan datangkan dua kapal raksasa bekas Korea

Belum lepas dari ingatan kita saat perusahaan merah, Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) memamerkan kapal mewah bekas yang dibeli dari Inggris. Kini, ASDP kembali mendatangkan kapal bekas. Tidak tanggung-tanggung, sekarang dua kapal bekas dari Korea didatangkan untuk keperluan angkutan lebaran.

Kapal ini merupakan kapal bekas Korea yang ukurannya sebanding dengan KMP PORT-LINK yaitu kapal bekas Inggris yang didatangkan beberapa waktu lalu. Menteri BUMN Dahlan Iskan menuturkan, kapal ini telah sampai di Batam dua hari lalu. Hari ini, Senin (22/7), pagi ini rencananya akan melihat proses pembersihan kapal di Dok Kodja Bahari sebelum dioperasikan oleh ASDP untuk keperluan angkutan lebaran.

“Saya sekarang menunggu telepon seseorang, di mana kalau dia menelepon saya akan melihat dua kapal besar ASDP di Dok Kodja Bahari,” ucap Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (22/7).

Dua kapal bekas Korea ini rencananya akan digunakan untuk memperkuat angkutan di penyeberangan Merak-Bakauheni dan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Dahlan berharap dua kapal raksasa ini bisa untuk mengangkut sepeda motor para pemudik Lebaran tahun ini.

“Harapan kita dua kapal ini bisa jadi vacum cleaner sepeda motor. Kapal ini bisa memuat 1.500 sepeda motor di satu kapal. Disedot lah 1.500 sepeda motor,” katanya.

Walaupun demikian, Dahlan belum tahu apakah nanti pengangkutan masal motor pakai kapal ini akan diizinkan oleh Kementerian Perhubungan atau tidak. “Diizinkan atau tidak saya belum tahu. Ini kapal bekas Korea yang masih baru dan sebanding dengan kapal bekas Inggris dulu,” tutupnya singkat.

Langkah Dahlan membeli kapal bekas seolah bertolak belakang dengan pernyataan dia sebelumnya yang berjanji memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri. Salah satunya saat dia meminta PT KAI berhenti membeli kereta bekas dari Jepang.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/setelah-inggris-dahlan-datangkan-dua-kapal-raksasa-bekas-korea.html

***

ASDP Kembali Datangkan 2 Kapal Bekas Asal Korea

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) telah mendatangkan dua kapal bekas untuk bantuan arus mudik Lebaran.

Dahlan menyebutkan, dua kapal bekas yang didatangkan ASDP berasal dari Korea. Meski demikian, Dahlan tidak menyebutkan berapa besaran harga kapal bekas asal Korea tersebut.

“Beli second tapi masih baru, dari korea,” ujar Dahlan kepada wartawan di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (22/7/2013).

Mantan dirut PLN tersebut menuturkan, dua kapal bekas asal Korea tersebut kini telah tiba di Batam dan harus melewati proses pembersihan terlebih dahulu.

“Dua kapal besar milik ASDP sudah tiba di Batam beberapa hari lalu, kapal itu harus di bersihkan, karena habis melakukan perjalanan diberikan tambahan pengaman, tambahan itu yang harus dibersihkan,” kata Dahlan.

Menurut Dahlan, dua armada baru asal Korea milik ASDP tersebut, dipersiapkan untuk Pelabuhan Merak dan Ketapang-Gilimanuk Bali sebagai alat memperkuat lini bisnis ASDP.

Selain itu, dengan penambahan dua armada ini, diharapkan dua armada tersebut mampu menampung sepeda motor saat mudik Lebaran. Di mana, satu kapal mampu mengangkut 1.500 motor sekali jalan.

“Satu untuk memperkuat Merak, satu Ketapang-Gilimanuk, harapannya dua kapal ini untuk vakum clenear untuk sepeda motor, satu kapal 1.500 motor langsung masuk, ini gambaran saya, di izinkan atau tidak bukan urusan saya,” tutup Dahlan. (wan) (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/07/22/320/840571/asdp-kembali-datangkan-2-kapal-bekas-asal-korea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: