Lintasan MH86 – BUMN Akan Pinjami Petani Garam Modal

“Itu bukan gratis, harus dibayar dengan cara kredit tetapi tidak ada bunganya. Yang jelas uangnya bukan dari bank. Nanti saya usahakan, asalkan petani garam mau dulu,”
petani-garam

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Dahlan Iskan, berjanji akan memberikan pijaman modal kepada 1.050 petani garam yang ingin memasang geo membran di pulau Madura dengan bunga 0%.

Hal itu diungkapkan pengusaha media asal Jawa Timur, itu saat melakukan silaturrahmi dan dialog di Pendopo Agung Ronggosukowati, Pamekasan, Sabtu (20/07/2013). “Itu bukan gratis, harus dibayar dengan cara kredit tetapi tidak ada bunganya. Yang jelas uangnya bukan dari bank. Nanti saya usahakan, asalkan petani garam mau dulu,” kata Dahlan Iskan.

Dahlan menjelaskan, pemasangan geo membran pada saat produksi garam, akan meningkatkan hasil produksi garam, bahkan bisa 4 kali lipat. Dan saat ini program pemasangan geo membran itu telah di ujicoba dan sukses. “100 hektar lahan milik BUMN saat ini sudah dipasangi geo membran, dan hasilnya silahkan lihat sendiri,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Dahlan berdialog dengan petani garam, dan meminta masukan dan pengakuan tentang program geo membran tersebut.

Salah satu petani garam asal Kalianget, Kabupaten Sumenep, Sudaryo mengungkapkan, ia sangat kagum dengan program geo membran yang dilakukan PT Garam, dan ingin ia memasang geo membran di lahan pertanaian miliknya. “Saya punya lahan sebanyak 970 pak, bagaimana pak caranya mendapatkan geo membran seperti yang dipunyai PT Garam itu,” tanyanya.

Dalam kesempatan itu pula, Dahlan juga berjanji untuk mengusahakan dana stabilisasi harga garam Nasional, yang besaran dananya hingga mencapai Rp 500 milyar. [pin]

kabarbaru.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: