Pertamina Peringkat Ke-122 Perusahaan Terbesar Dunia

JAKARTA, FAJAR — Satu kebanggaan bagi bangsa dipersembahkan oleh BUMN. Dalam Majalah Fortune Global edisi Juli 2013, pertama kalinya nama PT Pertamina (Persero) masuk dan terpampang dalam jajaran 500 Perusahaan Dunia Terbesar.

Perusahaan plat merah itu berada di posisi ke-122. Suatu pencapaian yang cukup membanggakan bagi Kementerian BUMN di bawah Dahlan Iskan, tentunya. Tak salah, Dahlan Iskan kembali mempercayakan Pertamina di bawah Karen Agustiawan.

Pemeringkatan FORTUNE Global 500 adalah ajang tahunan yang dilakukan majalah Fortune sejak tahun 1955. Berawal dari daftar 500 perusahaan terbesar di AS dari berbagai sektor industri dan bisnis, pemeringkatan kini dilakukan berdasar 12 indikator.

Tolok ukur utamanya adalah besaran pendapatan termasuk pendapatan anak perusahaan (consolidated gross revenue), sehingga untuk masuk dalam daftar pemeringkatan global yang prestigius ini, perusahaan disyaratkan harus telah mempublikasi laporan keuangannya.

Indikator lain adalah penyertaan modal pemegang saham, kapitalisasi pasar, keuntungan, jumlah karyawan, dan sejak tahun 1990 indikator negara asal perusahaan juga dipertimbangkan dalam FORTUNE Global 500.

Masuk dalam daftar ini merupakan simbol keberhasilan korporasi karena mencerminkan pengakuan dunia. Perusahaan diapresiasi sebagai kekuatan yang diperhitungkan di negaranya.

Fakta menarik dari perkembangan daftar ini, telah terjadi pergeseran signifikan atas distribusi geografis dari perusahaan-perusahaan FORTUNE Global 500 pada periode 2001-2012. Jumlah perusahaan berdomisili di AS telah turun dari 215 ke 144 perusahaan. Sementara jumlah perusahaan Asia meningkat tajam dari 116 menjadi 188 perusahaan.

Royal Dutch Shell selama 2 tahun berturut-turut telah menduduki posisi 1. Diikuti oleh gerai retail Wal-Mart di posisi kedua dan Exxon Mobil posisi ketiga. Tujuh dari Top 10 dalam daftar ini bergerak di sektor energi. Sementara Apple melejit naik 36 peringkat dari posisinya tahun lalu. Sementara itu, terdapat 12 CEO wanita dalam daftar FORTUNE Global 500 ini, salah satunya adalah dari Pertamina.

Dalam Kolom “Market Update’ edisi 1 dan 8 Juli 2013, telah diulas pentingnya meningkatkan value of the company melalui “Energy Employee” dan menjadi “Trusted Company”. Relevan dengan pencapaiannya, dukungan insan Pertamina dan kepercayaan terhadap perusahaan telah menciptakan kredibilitas positif Pertamina di mata pebisnis internasional.

Berhasil masuk dalam daftar peringkat FORTUNE Global 500 adalah suatu pengakuan pencapaian untuk semua jajaran Pertamina. Sungguh sebuah berita baik dan penyemangat luar biasa. Selanjutnya? Rasanya tidak cukup berhenti puas di sini. (int)

http://www.fajar.co.id/nasional/2829790_5712.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: