Akses Jadi BPJS Bakal Mulus

“Saya tidak akan ikut campur tangan. Semua diserahkan sepenuhnya kepada manajemen Askes terkait proses dan persiapan transformasi tersebut,” 

JAKARTA (Pos Kota)- Menteri BUMN Dahlan Iskan menyerahkan sepenuhnya proses transformasi PT Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kepada menajemen Askes.

“Saya tidak akan ikut campur tangan. Semua diserahkan sepenuhnya kepada manajemen Askes terkait proses dan persiapan transformasi tersebut,” papar Dahlan Iskan disela Ulangtahun PT Askes ke-45 sekaligus peluncuran akun twitter @AskesIndonesia, kemarin.

Dirut PT Askes Fachmi Idris meyakinkan bahwa proses transformasi PT Askes menjadi satu-satunya badan pengelola asuransi nasional akan berjalan baik dan tepat waktu. Targetnya sebelum 1 Januari 2014 semua tahapan sudah selesai dilakukan dan PT Askes akan berubah menjadi BPJS Kesehatan.

“Kita songsong BPJS kesehatan dengan optimistis. Semoga semuanya dapat berjalan dengan baik sesuai harapan,” kata Facmi.

Proses transformasi itu sendiri sudah dilakukan sejak pemerintah menetapkan PT Askes sebagai BPJS kesehatan 2014. Segala langkah terkait perubahan tersebut sudah mulai dilakukan termasuk sosialisasi kepada peserta asuransi yang selama ini sudah menjadi tanggungan PT Askes.

Menurut Fachmi, era BPJS adalah era dimana program layanan kesehatan nasional akan diperbaiki. Seluruh penduduk akan dikutsertakan dalam system jaminan kesehatan nasional meski pelaksanaanya tidak dilakukan serentak pada 2014.

“Untuk tahap awal tentu pemerintah menyisir penduduk dengan kemampuan ekonomi terendah hingga menengah. Tahun berikutnya akan meningkat terus hingga pada akhirnya semua penduduk terkaver asuransi nasional,” lanjutnya.

Ia juga meyakinkan bahwa perubahan PT Askes menjadi BPJS tidak akan mengurangi nilai manfaat kepada peserta. Bahkan dengan jumlah tanggungan lebih besar, maka system subsidi silang antar peserta menjadi jauh lebih mudah dilakukan.

Sementara itu Wamenkes Ali Ghufron Mukti mengatakan bahwa jika nantinya program JKN sudah dilaksanakan, Indonesia tercatat menjadi negara terbesar di Asia untuk kepesertaan asuransi social. Karena itu era BPJS menjadi momentum penting yang harus benar-benar disiapkan secara matang agar pada waktunya nanti semua berjalan dengan lancar. (inung)

poskotanews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: