Kilasan MH85 – Demi Mobil Listrik, Dahlan Iskan Kunjungi Pabrik Accu di Cileungsi

“Kemudian kita bicara dengan mereka bagaimana cara mengkoneksikan mobnas dengan baterai. Ternyata Nipreess ini sangat siap memproduksi batre lithium feroposphat,” 
12 Jun 2012

Dahlan iskan - Nippres 3

Cileungsi – Program mobil listrik nasional menemui titik terang untuk diproduksi massal. Menteri BUMN Dahlan Iskan mengandeng perusahaan accu untuk memproduksi baterai dalam menyokong komponen mobil listriknya.

Perusahaan accu bernama PT Nipress Tbk menjadi pilihan Dahlan Iskan untuk memproduksi baterai berbentuk Lithium Feraposphat.

“Saya cek, ada pabrik accu yang 100 persen milik Indonesia. Nipress ini 100 persen Indonesia yang sudah go public selama 25 tahun,yang produksi baterainya sudah mencapai 2 juta per tahun,” ungkapnya usai menghadiri rapat dengan Direksi PT Nipress di Cileungsi, Bogor, Selasa (12/6/12).

Menurut Dahlan, Nipress ini sudah menyatakan kesiapannya untuk mendukung program mobil listrik nasional ini.

“Kemudian kita bicara dengan mereka bagaimana cara mengkoneksikan mobnas dengan baterai. Ternyata Nipreess ini sangat siap memproduksi batre lithium feroposphat,” paparnya.

Dahlan meminta Perusahaan pembuat accu dan baterai ini untuk dapat memproduksi baterai Lithium Feraposphat secara massal.

“Ketika presiden sudah menyampaikan soal mobnas itu dia diam-diam sudah menyiapkan, tahun 2015 dia bisa memproduksi besar besaran. Tapi karena saya datang, April 2013 dia siap untuk produksi,” jelasnya.

Lebih lanjut lagi, Dahlan mengatakan baterai atau accu adalah komponen sangat penting untuk mobil listrik ini, pasalnya 40% komponen dari mobil listrik ini adalah energi yang dikeluarkan oleh baterai atau accu tersebut.

“Baterai adalah unsur yang terpenting dalam industri mobil listrik nasional. Hampir 40%, peranannya dalam mobil listrik,” katanya lagi.

PT Nipress Tbk adalah perusahaan pembuat accu dan baterai yang beralamat di Jalan Narogong Raya, Cileungsi km 26 Bogor.

(zul/dnl)

sumber : detik.com

***

Indonesia Akan Produksi Baterai Mobil Listrik

“Memang ada rencana untuk membangun pabrik lithium di Indonesia. Kami pun memiliki bahan baku lokal untuk produksi lithium. Tapi, itu butuh waktu untuk bernegosiasi.”

Indonesia Akan Produksi Baterai Mobil Listrik

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Keinginan Indonesia untuk memproduksi mobil listrik, yang komponennya produk lokal sepertinya dapat terealisasi.

Pasalnya, pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN, menjalin kerja sama dan komitmen dengan sebuah industri baterai lithium raksasa, PT Nipress Tbk.

Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, mengakui bahwa sampai kini ada komponen mobil listrik nasional yang harus impor, yaitu baterai.

Menyikapi impor tersebut, Dahlan menyatakan, pihaknya menyiapkan sejumlah cara. Di antaranya berkomitmen dengan PT Nipress, selaku industri baterai terbesar di Tanah Air.

Proyeksinya, kata Dahlan, pada Mei 2013, baterai lithium sudah dapat terproduksi. “Memang ada rencana untuk membangun pabrik lithium di Indonesia. Kami pun memiliki bahan baku lokal untuk produksi lithium. Tapi, itu butuh waktu untuk bernegosiasi.”

“Nah, dalam komitmen itu, setidaknya, PT Nipress memberikan garansi bahwa pada Mei 2013, memproduksi baterai lithium di Indonesia,” kata Dahlan, pada sela-sela kunjungan kerjanya di PT Pindad, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Kamis (6/9/2012).

Sementara itu, informasinya PT Nipress Tbk siap memproduksi baterai jenis Lithium Ferro Phosphate untuk mobil listrik nasional.

Pada tahap awal, perusahaan terbuka itu membutuhkan waktu enam bulan untuk merealisasikannya. Pada awalnya, PT Nipress Tbk memproduksi baterai lithium untuk mobil listrik nasional itu pada 2015. Itu karena belum adanya permintaan dari dalam negeri.

sumber : tribunnews.com

***

Iklan

2 Komentar to “Kilasan MH85 – Demi Mobil Listrik, Dahlan Iskan Kunjungi Pabrik Accu di Cileungsi”

  1. Memang hanya dengan mensinergikan semua kekuatan yang ada, bangsa Indonesia akan bermartabat. Selama ini, sepertinya tidak ada yang bisa dibanggakan oleh bangsa yang besar bernama Indonesia. Dengan akan lahirnya Mobil Listrik generasi ke dua yang komponennya sebagian besar buatan dalam negeri, ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa dan negara tercinta ini.
    Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mempelopori pembuatan mobil listrik nasional ini, telah menunjukkan keberhasilannya. Mantan Dirut PLN itu, tidak segan-segan mengajak produsen nasional untuk bersama-sama memproduksi kelengkapan untuk mendukung suksesnya produksi mobil listrik nasional. Kali ini yang diajaknya produser accu lithium terbesar di Indonesia.

  2. Listrik di wilayah Cileungsi, Kab. Bogor dan sekitarnya byar-pet…
    Disinyalir beban trafo2 yang terpasang sudah gak seimbang dengan beban konsumen.
    Mohon untuk segera ditindaklanjuti…
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: