Didukung Dahlan, Bandung segera punya monorail

“Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan dalam tiga tahun satu jalur pertama monorel sudah bisa dibangun dan dioperasikan,”

Dahlan Iskan - Ridwan Kamil - Monorel

Wali Kota Bandung terpilih 2013 – 2018 Ridwan Kamil optimis proyek monorel di Bandung akan segera terwujud. Pasalnya, salah satu investor konsorsium perusahaan BUMN didukung Menteri Dahlan Iskan telah menyatakan kesiapannya membantu pembangunan transportasi masal tersebut.

“Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan dalam tiga tahun satu jalur pertama monorel sudah bisa dibangun dan dioperasikan,” kata Ridwan Kamil, di Bandung, Minggu (14/7).

Sejauh ini, menurut pria yang akrab disapa Emil ini sudah ada tiga investor yang berusaha memperkenalkan produk kepada dirinya. Tiga investor itu berasal dari BUMN China, BUMN dalam negeri dan pihak swasta. “Investor itu banyak. Minat swasta membantu mengelola publik transportasi minatnya tinggi. Jadi Pemkot nantinya tidak perlu keluar banyak dana, tinggal nanti yang ideal kita gunakan, Dahlan Iskan juga memberikan dukungannya untuk percepatan ini,” terang Emil yang merupakan dosen arsitek ITB ini.

Saat resmi menjabat bersama Wakil Wali Kota Oded M Danial pada 16 September nanti, dia berjanji akan segera memikirkan perencanaan lahan, lokasi untuk stasiun dan sarana penunjang lainnya. “Memang masih studi, tapi ada beberapa pilihan seperti jalur sepanjang Soekarno Hatta, atau bisa dari barat ke Cicaheum,” ujarnya. Seperti apa yang sudah dijanjikan saat kampanye, dia mengaku bahwa proyek ini bukanlah janji semata.

“Masyarakat juga pasti sudah menunggu, tapi kita usahakan satu (jalur) dulu, biar tahu bahwa memang ada usaha, dan bahwa gagasan-gagasan itu sudah dimulai,” tambahnya.

Dia menambahkan, bahwa transportasi masal berupa monorel bukanlah satu yang akan menjadi perhatiannya. “Monorel bukan hanya satu solusi. Tapi kombinasi seperti sepeda. Jadi saat turun (monorel) bisa ada pilihan angkot atau sepeda,” jelasnya.

Selain lintas dalam kota, proyek monorel akan juga dilakukan antar wilayah Bandung Raya. Sejauh ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menandatangani nota kesepahaman awal dengan BUMN China. “Jadi ada dua rencana di level kota dan provinsi. Kalau provinsi lintas wilayah seperti Cimahi- Jatinangor. Kalau Bandung jadi fokus saya,” tutupnya.

[idr]
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: