Dahlan Iskan ingin Pesantren Pintar Berdagang

“Apabila suatu negara ingin maju maka jumlah pedagang minimal harus dua persen, sementara di Indonesia masih 0,8%,” 
Dahlan iskan - Pesantren

Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menginginkan jumlah pedagang di Indonesia terus ditambah dan sebisa mungkin juga dilakukan oleh kalangan pondok pesantren.

Dikatakan, Nabi Muhammad SAW juga seorang pedagang, sehingga tidak salah apabila dunia pondok pesantren juga belajar berdagang. Jumlah pedagang di Indonesia disebut Dahlan masih sangat sedikit, padahal kemajuan suatu negara juga ditentukan sedikit banyaknya pedagang.

“Apabila suatu negara ingin maju maka jumlah pedagang minimal harus dua persen, sementara di Indonesia masih 0,8%,” kata Dahlan, Sabtu (13/7) malam.

Sehingga negara Indonesia saat ini masih membutuhkan jutaan pedagang agar bisa memajukan memajukan bangsa. Dahlan berharap jiwa berdagang juga dimiliki pondok pesantren di Indonesia

Dahlan mengatakan hal ini seusai menghadiri kegiatan di pondok pesantren Mukmin Mandiri di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jatim. Pondok pesantren yang dikunjungi Dahlan ini adalah pondok pesantren agro bisnis dan agro industri.

Pondok pesantren yang diasuh KH Muhammad Zakki ini memproduksi kopi bahkan mengekspor ke Malaysia dengan melibatkan tenaga semuanya dari santri.

Dahlan berharap pesantren-pesantren lain di Indonesia bisa mengikuti jejak pondok pesantren Mukmin Mandiri tersebut. Sehingga santri-santri tidak semata-mata diajari ilmu agama melainkan juga
ilmu praktis berwirausaha atau berdagang.

metrotvnews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: