Senin, Dahlan Minta Kepastian Newmont ke Menkeu

“Makanya saya mau klarifikasi karena dulu Pak Agus (Menteri Keuangan sebelumnya), kan, pernah meminta BUMN bersiap jaga-jaga kalau divestasi tidak dilakukan pusat,” 
Dahlan Iskan - Koran tempo

TEMPO.COJakarta – Menteri BUMN Dahlan Iskan berencana menemui Menteri Keuangan Chatib Basri guna meminta kepastian terkait divestasi Newmont. Kepastian ini, menurut Dahlan, terkait apakah perusahaan BUMN masih ditugaskan menyiapkan diri melakukan divestasi. “Mungkin Senin-lah,” katanya kepada Tempo, Sabtu, 13 Juli 2013. 
Niatan itu muncul, kata Dahlan, setelah membaca pemberitaan di media-media bahwa Chatib menyeriusi divestasi Newmont lewat pemerintah pusat. “Makanya saya mau klarifikasi karena dulu Pak Agus (Menteri Keuangan sebelumnya), kan, pernah meminta BUMN bersiap jaga-jaga kalau divestasi tidak dilakukan pusat,” katanya.

Konsorsium BUMN, menurut Dahlan, sebenarnya telah siap dalam segala hal, termasuk pendanaan. “Tapi, ya, itu terserah pemerintah (Menteri Keuangan saja),” katanya.

Apabila nanti, misalnya, divestasi dilakukan daerah, ia berharap dana divestasi berasal dari APBD, bukan dari sponsor. “Bila tidak lewat uang daerah, sebaiknya tender transparan saja. Perusahaan BUMN boleh ikut.”

Seperti diketahui, sejak kesepakatan pembelian 7 persen saham divestasi Newmont yang bernilai US$ 246,8 juta atau sekitar Rp 2,3 triliun ditandatangani pada bulan Mei 2011, Kementerian Keuangan belum juga memutuskan mekanisme divestasi Newmont. Alih-alih mengambil keputusan, Kementerian Keuangan justru telah enam kali memperpanjang waktu SPA. Perpanjangan terakhir akan jatuh Tempo pada 26 Juli mendatang.

Newmont wajib mendivestasi saham tambang tembaga dan emas di Batu Hijau secara bertahap hingga 51 persen. Saat ini komposisi pemilikan saham Newmont dimiliki oleh PT Newmont Nusa Tenggara sebesar 49 persen, PT Multi Daerah Bersaing 24 persen, PT Pukuafu 17,8 persen, dan Masbaga 2,2 persen. Tinggal menanti realisasi dari pusat investasi untuk sisa saham sebesar 7 persen.

ANANDA PUTRI

tempo.co

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: