Prioritasnya Mobil Listrik di Charger di Rumah Pribadi

“Konsepnya adalah bagaimana bisa di charge (isi ulang) di rumah pribadi, jadi gak perlu bangun infrastruktur banyak,’ 
PEV_charging_evening_house_648x350

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, menegaskan mobil listrik buatan asal indonesia tidak membutuhkan stasiun pengisian di tempat umum, sebagaimana layaknya SPBU. Cukup ditaruh ditempat-tempat pribadi seperti rumah dan perkantoran saja.

“Konsepnya adalah bagaimana bisa di charge (isi ulang) di rumah pribadi, jadi gak perlu bangun infrastruktur banyak,’ kata Dahlan dalam konferesi pers di Bogor, Sabtu (13/07/2013).

Ia mengatakan dengan konsep tersebut maka setiap pembelian mobil listrik akan mendapatkan satu charger untuk mengisi aliran listrik ke mobil tersebut. Standar minimal arus tegangan listrik yang melakukan pengisian adalah rumah yang minimal memiliki 900 Kwh.

“Ya minimal segitulah, kapasitas untuk cash kalau dibawah itu memang gak bisa memang kan pengguna mobil kalangan menengah atas, masa gak mampu,” katanya.

Dahlan meyakini mobil listrik tersebut akan diserap masyarakat karena menurut datanya sekitar 80 persen pengisian mobil listrik dilakukan di dalam rumah. Selebihnya dilakukan di kantor dan tempat perbelanjaan serta tempat umum.

“Yang tempat umum gak besarlah, hanya 10 persen,” katanya.

Selain itu, Dahlan menegaskan dengan adanya tempat pengisian di rumah pribadi maka pengunaan listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan semakin menaik. Tentunya hal itu bagus untuk PLN. Karena listrik akan menyala di malam hari untuk mengecash Baterai Mobil Listrik.

“Jadi PLN mestinya senang karena pengguna listrik semakin menaik ketimbang sebelumnya, dan listrik semakin banyak dipakai,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, juga mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan konsep tersebut dan mengaku sudah menyiapkan infrastruktur tambahan seperti meteran untuk pencatatan listrik seperti gardu listrik.

“Kalau itu kami siap mengenai mekanisme pencatatan sudah ada, akan ada colokan khusus untuk identitas pelanggan, jadi mobil-mobil itu seperti pelanggan berjalan saja tidak beda dengan rumah yang gunakan listrik, ” katanya.

tribunnews.com

Iklan

One Comment to “Prioritasnya Mobil Listrik di Charger di Rumah Pribadi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: