Dahlan: Proyek Tol Trans Sumatera Mau Cepat, Tunjuk BUMN!

“Empat ruas tol itu pernah ditenderkan, tapi tidak ada peminatnya, kalau mau cepat tunjuk BUMN saja untuk melaksanakannya,” 

JAKARTA – Pemerintah sudah menyatakan proyek tol Trans Sumatra yang sebanyak 24 ruas, sudah mendesak untuk segera dikerjakan. Akan tetapi, dari 24 ruas, akan dikerjakan sebanyak empat ruas terlebih dahulu, yakni Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Indralaya-Palembang dan Bakaheuni-Lampung.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan jika pemerintah ingin pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut cepat, maka pemerintah diminta untuk menunjuk BUMN.

Menurut Dahlan, penunjukan kepada BUMN dapat dilakukan oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Selain itu feasibility ruas jalan tol Trans Sumatera layak secara ekonomi, dan layak secara financial dapat diketahui dengan cara tender.

“Empat ruas tol itu pernah ditenderkan, tapi tidak ada peminatnya, kalau mau cepat tunjuk BUMN saja untuk melaksanakannya,” ucap Dahlan kepada wartawan, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Dengan begitu, Dahlan menyebutkan proyek empat ruas jalan tol Trans Sumatera yang sudah mendesak dikerjakan mempunyai kriteria visibel secara ekonomi, akan tetapi tidak visibel secara finansial.

“Sebetulnya sudah ada PP yang menyatakan bahwa pemerintah bisa menunjuk BUMN ketika proyek tersebut visibel secara ekonomi bukan visibel secara financial,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah kembali melakukan pembahasan proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan ada empat dari 24 ruas jalan tol Trans Sumatera yang sudah siap dan mendesak untuk dikerjakan tahun ini.

Keempat ruas tersebut antara lain Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Indralaya-Palembang dan Bakaheuni-Lampung. Hatta mengatakan keempat ruas tersebut akan ground breaking pada bulan Oktober dan September.

“Keempatnya ruas tersebut akan ground breaking bulan Oktober dan September,” Kata Hatta di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta. (wan) (wdi)

okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: