3 Opsi Pemerintah Selamatkan Merpati Sebelum Dilikuidiasi

Jumat, 12/07/2013 12:55 WIB 3 Opsi Pemerintah Selamatkan Merpati Sebelum Dilikuidiasi Feby Dwi Sutianto – detikFinance Jakarta – Pemerintah punya tiga opsi untuk selamatkan nasib PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Jika opsi ini gagal, maka Merpati akan dilikuidasi.

Plt Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN Imam A. Putro menjelaskan, opsi pertama adalah menawarkan Merpati ke investor. Skema yang ditawarkan melalui strategic sale.

“Strategic sale itu jalannya juga panjang harus ke DPR. Seperti yang disampaikan pak Dahlan Iskan, kalau ada yang mau membeli dipersilakan mengajukan proposal,” ucap Imam kepada detikFinance, Jumat (12/7/2013).

Besaran saham yang dilepas masih belum ditentukan. Kementerian BUMN akan mengkaji proposal yang masuk terlebih dahulu.

Sementara untuk opsi kedua adalah scale down. Ukuran bisnis Merpati dipersempit dengan menghilangkan beberapa unit bisnis.

Contohnya, Merpati tidak terbang tetapi memaksimalkan anak usahanya di bidang perawatan pesawat, atau Merpati fokus terbang di Indonesia Timur dengan hanya melayani rute yang jarang diterbangi maskapai besar.

“Selain strategic sale menurut saya pribadi scale down untuk hanya masuk di wilayah timur dan tidak head to head dengan airline seperti Garuda dan Lion,” terangnya.

Solusi yang masih tetap berjalan adalah mengkonversi utang ke saham. Utang sebesar Rp 6,5 triliun melalui debt equity swap diubah jadi kepemilikan saham. Namun, Dahlan menegaskan ketika opsi penyelematan Merpati sudah tidak bisa diambil lagi, pihaknya akan melakukan likuidasi.

“Likuidasi pilihan terakhir,” kata Dahlan.

detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: