Lintasan MH84 – Pembukaan Kembali Pelayanan Peti Kemas Pelabuhan Malahayati

Pelayanan ini direncanakan untuk memberikan pelayanan regular ke Aceh. Pelayanan peti kemas melalui Pelabuhan Malahayati dilaksanakan oleh Pelindo I dan didukung penuh oleh Gubernur Nanggro Aceh Darusalam,

Pelabuhan Malahayati

Sistem angkutan barang dengan menggunakan petikemas sebagai bentuk angkutan multi moda perlu didorong untuk meningkatkan efisiensi angkutan barang di Indonesia, sehingga bisa ikut berperan untuk menurunkan biaya transport dan penghematan penggunaan energi.

container aceh

Setelah beberapa tahun tidak disinggahi oleh kapal peti kemas, Pelabuhan Malahati disinggahi kembali oleh kapal nya milik PT Alken Lines pada tanggal 2 Juli 2013 dengan membawa 70 petikemas untuk memulai memberikan pelayanan petikemas ke Banda Aceh. Pelayanan ini direncanakan untuk memberikan pelayanan regular ke Aceh. Pelayanan peti kemas melalui Pelabuhan Malahayati dilaksanakan oleh Pelindo I dan didukung penuh oleh Gubernur Nanggro Aceh Darusalam,

Pada pelayaran perdana kapal juga membawa Crane yang nantinya akan beroperasi di pelabuhan Malahayati. Crane yang digunakan memang masih kecil, namun bila permintaan meningkat perlu diganti dengan crane dengan kecepatan menaikkan dan menurunkan peti kemas yang lebih besar.

Potensi pasar angkutan peti kemas ini diperkirakan akan meningkat dengan cepat karena berdasarkan pemerintah daerah potensi demand dalam sebulan dapat mencapai  antara 5000 sampai dengan 7000 TEUS dan kunci utama yang mendorong perpindahan adalah biaya angkut yang rendah serta waktu pelayanan yang cepat dengan angkutan petikemas melalui laut.

Angkutan barang menuju Aceh selama ini dibongkar di Medan untuk kemudian diangkat dengan truk melalui jalan raya ke Banda Aceh dan daerah sekitarnya. Peralihan diharapkan dapat terjadi, yang merupakan solusi transportasi yang murah dan dapat menghemat bahan bakar dalam jumlah yang besar disamping dapat mengurangi kerusakan dan beban jalan.

Dengan terbukanya pelabuhan Mahalayati sebagai pelabuhan peti kemas akan memberikan dampak positip terhadap perdagangan di Aceh serta meningkan peluang ekspor barang-barang industry propinsi Nanggro Aceh Darusalam kedaerah lain. Dalam pelayaran pertama dibawa keluar 40 petikemas berisi semen.

http://beritatrans.com/2013/07/05/2652/

Iklan

One Comment to “Lintasan MH84 – Pembukaan Kembali Pelayanan Peti Kemas Pelabuhan Malahayati”

  1. saya sempat heran dengan ramainya truk barang di merak. saya fikir bukankah mengangkut barang dengan kapal bisa jauh lebih banyak dan lebih murah ? mengapa tdk populer ? sekaranglah jawaban itu saya dapat….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: