Lintasan MH84 – Dahlan bangga Terminal Belawan bisa tampung 2 juta peti kemas

Dahlan bangga Terminal Belawan bisa tampung 2 juta peti kemas

20120616_TERMINAL_PETI_KEMAS_BELAWAN_4775
Menteri BUMN Dahlan Iskan pagi ini, Selasa (25/6) melakukan kegiatan olah raga rutin di Medan. Dahlan olah raga dan senam pagi sejak pukul 06.00 WIB bersama ribuan orang yang terdiri dari karyawan Pelindo I, buruh pelabuhan dan masyarakat yang ada di sekitar terminal penumpang Pelabuhan Belawan, Pelindo I, Medan.

Kabag Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi yang ikut bersama rombongan menceritakan, seusai olah raga Dahlan menyaksikan acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pelindo I, PT Wijaya Karya, PT Hutama Karya untuk membangun tahap 1 dan 2 pelabuhan peti kemas sepanjang 250 meter.

“Saya sangat puas dan bangga dengan kinerja Manajemen Pelindo 1 yang begitu kreatif dan Inovatif dalam menghadapi perkembangan bisnis,” ucap Dahlan yang ditirukan Faisal kepada merdeka.com di Jakarta, Selasa (25/6).

Dahlan mengaku sangat bangga dengan kinerja Pelindo I. Alasannya, jika proyek ini selesai, dapat menampung 400.000 peti kemas per tahun. Jika digabung dengan semua terminal maka Pelindo I Belawan dapat menampung 2 juta peti kemas per tahun.

“Tadi Dirut Pelindo banyak sekali melaporkan kepada saya tentang progres kinerja yang sedang dan akan dikerjakan,” tutupnya singkat.

[noe]

merdeka.com

***

Dahlan Optimis BICT Mampu Bersaing

25-6-13-ist--dahlan-belawan3-sumutpos_full

Adalah PT Pelindo I, PT Hutama Karya, dan PT Wijaya Karya(WIKA) tiga perusahaan BUMN yang dimaksud. Ketiganya bekerja sama untuk melanjutkan pembangunan perluasan Belawan International Container Terminal (BICT) yang kini terus menghadapi perkembangan bisnis.

Dalam sambutannya Dahlan mengaku, senang atas adanya kerja sama dan sinergitas antar BUMN untuk peningkatan kapasitas pelabuhan peti kemas. Mantan Dirut PLN ini berharap, dengan diperluasnya pelabuhan peti kemas nantinya dapat menambah kemampuan daya tampung dan bongkar muat di terminal pelabuhan khusus peti kemas.

“Saya bangga dengan kinerja Pelindo I dalam menghadapi perkembangan bisnis. Dengan adanya perluasan pembangunan terminal pelabuhan peti kemas (kontainer), Pelindo I mampu menghadapi perkembangan bisnis,” ujar, Dahlan.

Proyek perluasan pelabuhan BICT Tahap 1 dan 2 sepanjang 350 meter, lanjutnya jika selesai dikerjakan nantinya, mampu menampung 400.000 peti kemas per tahun. “Apabila perluasan terminal khusus pelabuhan peti kemas ini selesai dikerjakan, kapasitas tampung dan bongkar muat peti kemas bakal bertambah jadi 2 juta teus per tahun,” katanya.

Perluasan pelabuhan BICT yang dibangun dua tahap itu dengan biaya Rp3 triliun sebelumnya telah dikerjakan sejak tahun 2010 dengan luas 350 meter untuk tahap pertama, dan diperkirakan rampung pada tahun ini. Sedangkan untuk tahap kedua sepanjang 350 meter yang telah ditandatangi dalam perjanjian kerja sama antar 3 perusahaan BUMN direncanakan mulai dikerjakan pada Juli mendatang, dan ditargetkan selesai pada tahun 2015. Saat ini panjang dermaga di terminal BICT sekitar 950 meter dan mampu menampun satu juta teus per tahun.

Dengan mengenakan pakaian kaos hijau dan celana training warna putih seusai senam bersama dengan pegawai PT Pelindo I, pekerja pelabuhan dan masyarakat, Meneg BUMN yang tiba di Belawan sekira pukul 06.00 WIB, sempat melihat-lihat kondisi pelabuhan. Bahkan sejumlah ibu-ibu yang begitu antusias mengikuti senam dan jalan santai bersama, secara bergantian meminta Dahlan untuk foto bersama.(rul)

hariansumutpos.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: