Kupasan MH84 – Pelindo I Siap Implementasikan Pendulum Nusantara

“Kami telah menyiapkan Pelabuhan Belawan Medan dan Batu Ampar Batam untuk mendukung konsep Pendulum Nusantara,”
PelindoI
PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I siap mengimplementasikan konsep Pendulum Nusantara untuk mendorong keterbukaan rute pelayaran antara kawasan barat dan timur Indonesia secara konsisten.

“Kami telah menyiapkan Pelabuhan Belawan Medan dan Batu Ampar Batam untuk mendukung konsep Pendulum Nusantara,” kata Direktur PT Pelindo I Alfred Natsir, di Medan, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak dua pelabuhan utama di wilayah kerja Pelindo I itu akan terintegrasi dengan empat pelabuhan lain yang ditetapkan pemerintah sebagai rute pelayaran dan distribusi barang melalui sistem Pendulum Nusantara.

Empat pelabuhan lainnya itu adalah Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, Soekarno-Hatta Makassar, dan Sorong.

Implementasi konsep Pendulum Nusantara ini merupakan tindak lanjut dari pendirian PT Terminal Peti Kemas Indonesia yang merupakan hasil bentukan dari gabungan unit usaha di bawah Pelindo I, II, III, dan IV.

Terkait dengan kesiapan Pelabuhan Belawan, Alfred memaparkan bahwa di pelabuhan tersebut saat ini mampu melayani arus bongkar muat peti kemas hingga 1,2 juta Terus per tahun.

Selanjutnya, mulai tahun 2013 volume bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Belawan akan ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai dua juta Teus per tahun.

Peningkatan kapasitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan yang berhadapan langsung dengan perairan Selat Malaka itu akan direalisasikan secara bertahap oleh Pelindo I selama tahun anggaran 2013-2015.

Fasilitas pendukung operasional pelayanan bongkar muat peti kemas yang akan ditambah di Pelabuhan Belawan, antara lain pembangunan dermaga sepanjang 350 meter, pembangunan area penumpukan peti kemas atau container yard seluas 15 hektare, pengadaan empat unit container cran, dan delapan unit transtainer.

Dikatakan Alfred, penambahan fasilitas yang hampir sama juga akan dilakukan di Pelabuhan Batu Ampar Batam.

Di Batu Ampar, Pelindo I selama tahun 2013 hingga 2015 akan merealisasikan sejumlah paket proyek, antara lain membangun dermaga sepanjang 400 meter, container yard seluas lima hektare, pengadaan empat unit container crane, 10 unit rubber gantry crane, serta 40 unit head truck berikut chasisnya.

Alfred menambahkan, sistem Pendulum Nusantara tidak hanya menekankan tentang permasalahan kapal yang bergerak dari timur ke barat semata, tetapi juga terkait dengan peningkatan dan pembenahan menyangkut prasarana, sarana, sistem dan sumber daya manusia disektor angkutan laut.

Karena itu, ia mengajak seluruh jajaran terkait dan para pemangku kepentingan untuk senantiasa lebih memantapkan koordinasi, saling integrasi, dan sinergitas.

http://www.citizenjurnalism.com/world-news/business/pelindo-i-siap-implementasikan-pendulum-nusantara/

Iklan

2 Komentar to “Kupasan MH84 – Pelindo I Siap Implementasikan Pendulum Nusantara”

  1. hebat Bapak ini…

  2. Strategi Pendulum Nusantara mendukung Program Poros Maritim Indonesia dengan jalur Tanjung Priok – Tanjung Perak – Sukarno Hatta dan Sorong. Prinsip pendulum perlu dijaga balancing pada porosnya. Selamat dan sukses untuk Pelindo I. yang akan mengintegrasikan Pelindo 1,2,3 dan 4.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: