Dahlan Iskan: Negara Jangan Berbisnis, Rakyatnya Dong!

“BUMN berbisnis karena negara tidak baik bila melakukan bisnis. Karena itu harus ada tujuan kenapa ada BUMN. Jangan asal bisnis,”

Dahlan iskan - UKM

BUMN untuk menjadi mesin pertumbuhan ekonomi.

JAKARTA, Jaringnews.com – Dahlan Iskan mengatakan negara tidak boleh berbisnis karena tugasnya justru harus mendorong rakyatnya berbisnis. Menteri Negara BUMN itu berpandangan, bila negara harus berbisnis melalui BUMN, harus benar-benar ada alasan yang kuat.

“BUMN berbisnis karena negara tidak baik bila melakukan bisnis. Karena itu  harus ada tujuan kenapa ada BUMN.  Jangan asal bisnis,” tutur Dahlan Iskan ketika berbicara pada Konferensi Pemberdaya UMKN Nasional 2013, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, hari ini (4/7).

Menurut dia, ada tiga syarat adanya BUMN. Pertama, untuk menjaga ketahanan nasional. Misalnya di bidang persenjataan, itu demi ketahanan nasional. BUMN juga perlu berbisnis untuk ketahanan pangan,” tutur Dahlan.

Kedua, menurut Dahlan, BUMN perlu berbisnis dengan syarat harus menjadi champion di regional. ” Menjadi juara minimal di Asia Tenggara. Misalnya BUMN semen kita sudah jadi champion di Asia Tenggra. Garuda sudah mengalahkan Malaysia. Tinggal sama Singapura saja yang kalah,” kata Dahlan.

Ketiga, kata Dahlan, BUMN penting untuk menjadi mesin pertumbuhan ekonomi.

http://jaringnews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: