Dahlan ancam pecat bos PT LEN kalau tak becus urus sinyal kereta

“Dirutnya saya ganti, itu sama saja wartawan tidak bisa nulis berita. Itu kerja dia masa dia tidak bisa,”

dahlan-ancam-pecat-bos-pt-len-kalau-tak-becus-urus-sinyal-kereta-rev-1

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengancam akan mengganti Direktur Utama PT Len Industri, Abraham Mose. Ancama ini dikeluarkan Dahlan jika anak buahnya tersebut tidak bisa menuntaskan masalah persinyalan kereta api hingga akhir tahun ini.

“Dirutnya saya ganti, itu sama saja wartawan tidak bisa nulis berita. Itu kerja dia masa dia tidak bisa,” ucap Dahlan keras ketika ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (1/7).

Menurut Dahlan jika sampai akhir tahun tidak bisa menuntaskan masalah persinyalan, Abraham sudah tidak pantas menjadi duduk di kursi tertinggi PT LEN. Dahlan pun meminta komitmen Abraham untuk menuntaskan masalah persinyalan kereta.

Walaupun demikian, Dahlan mengakui pekerjaan itu tidak mudah. “Tapi saat ini mereka sudah kerja keras, dan itu memang susah karena ilmu yang tidak kelihatan. Pekerjaan sangat sulit, saya ngomong begitu kalau diserahkan saya juga saya tidak bisa,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan mengatakan, untuk perawatan sinyal tahun ini, pihaknya menghabiskan dana sekitar Rp 1,7 triliun. Dana ini seharusnya dari pemerintah atau Kementerian Perhubungan. Namun dana tak kunjung turun terpaksa PT KAI merogoh kas perseroan.

“Sekarang tahun ini Rp 1,7 triliun. Sekarang masih ditalangin KAI,” tutupnya.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-ancam-pecat-bos-pt-len-kalau-tak-becus-urus-sinyal-kereta.html

***

Dahlan: Persinyalan Masih Buruk, Apa Gunanya Dirut LEN?

JAKARTA – Setelah melalui masa uji, penerapan E-Ticketing resmi dilakukan di seluruh stasiun Jabodetabek. Namun, dengan diresmikannya penerapan tersebut, tidak mengubah citra persinyalan kereta api yang masih mengalami gangguan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menginstruksikan Direktur Utama PT LEN Industri (Persero) Abraham Mose untuk melakukan peremajaan pada persinyalan se-Jabodetabek.

“LEN harus selesaikan persinyalan pada tahun ini, kalau tidak selesai maka saya akan bilang untuk apa menjadi dirut LEN,” ujar Dahlan, saat peresmian penerapan E-Ticketing dan tarif progresif, di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (1/7/2013).

Menurut Dahlan, jika dalam setahun ini Dirut LEN tidak mampu menyelesaikan peremajaan atau perawatan persinyalan kereta api se-Jabodetabek. Maka dirinya menyebut Dirut LEN sama halnya seperti wartawan yang tidak bisa menulis berita.

“Kalau tidak selesai juga, sama halnya seperti wartawan yang tidak bisa menulis berita, sama saja Sang Hyang Sri yang tidak bisa tanam padi,” tandasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, mantan Dirut PLN ini berharap kepada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) agar mampu memperkuat sistem kartu E-Ticketing tersebut.

“Saya minta Telkom sistemnya diperkuat, memenuhi kapasitas dan kecepatan KAI,” tambah Dahlan.

Dahlan melanjutkan, saat ini gate untuk E-Ticketing masih mencukupi. Namun, dalam beberapa bulan kemudian akan mengalami penambahan penumpang, sehingga gate E-Ticketing menjadi tidak cukup.

“Karena tiket ini akan memberikan penambahan jumlah penumpang, maka gate yang tadinya cukup akan menjadi tidak cukup,” tutupnya. (wan) (wdi)

okezone.com

Iklan

3 Komentar to “Dahlan ancam pecat bos PT LEN kalau tak becus urus sinyal kereta”

  1. Menteri BUMN Dahlan Iskan memang harus tegas dalam memberikan tanggungjawab pada Dirut LEN untuk menyelesaikan persinyalan Kereta Api (KA). Karena ini menyangkut keselamatan dan kelancaran operasional KA sekaligus sebagai wujud pelayanan yang lebih baik kepada para penumpang KA yang semakin hari semakin menyukai transportasi anti macet tersebut.
    Pada sisi lain, anak-anak bangsa banyak yang mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah persinyalan tersebut. Sehingga, jika Dirut PT. (Persero) LEN dipecat, calon penggantinya tidak akan kekurangan.

  2. Setuju dg ketegasan Pak Dahlan, keelamatan pengguna KAI dan penyeberang rel kereta sangat perlu diutamakan. Jangan lagi ada kecelakaan karena sinyalnya error.

    Tapi Pak Dahlan juga perlu membantu melobi kemenHub agar hutang ganti sinyal tsb segera dibayar. Untuk sinyal yg sudah diganti yg dihutang KemenHub 1.7 trilyun, dan biaya penggantian sisa sinyal yg ada yg menjadi kewajiban KemenHub harus segera dicairkan juga. Kan Pak Mangindaan teman akrab yg sama2 dari Persebaya mestinya lobi nya bisa berhasil.

  3. pecat aja… kyknya dulu diangkat jd dirut pake uang,sehingga fokus balikin modal dulu bukannya menyelesaikan tanggung jawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: