Dahlan Iskan Kagumi Istana Maimun

“Kalau Masjid Raya saya sudah pernah kunjungi. Saya kagum akan isi Istana Maimun. Dengan kemewahannya, kesultanan Deli pasti sangat makmur kala itu,”
dahlan di istana maimun

MEDAN – Menteri Negara (Meneg) BUMN Dahlan Iskan merasa kagum dan bangga dengan keberadaan bukti sejarah Istana Maimun. Untuk itu, warga Sumatera Utara dan Medan juga harus bangga karena memiliki salah satu cagar budaya tersebut yang harus dilestarikan.

“Istana ini merupakan satu-satunya istana kesultanan di Sumut yang selamat dari revolusi sosial pada tahun 1965. Harus ada niat serius dari masyarakat dan pemerintah untuk menjaga peninggalan sejarah ini,” ujarnya saat mengunjungi Istana Maimun Sabtu (29/6).

Rasa bangga itu disampaikan Dahlan Iskan di hadapan Pemangku Adat Raja Muda Deli Tengku Hamdy Osman Delikhan, Wagub Tengku Erry Nuradi, Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin dan sejumlah undangan dalam acara silaturahmi di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan, Sabtu (29/3) sore.

Setelah selesai bersilaturrahmi dengan keturunan Sultan Deli, seperti biasa, kehadiran Dahlan Iskan menarik perhatian warga sekitar, dan keturunan Sultan yang tinggal di belakang istana. Tak pelak, warga berebut ingin bersalaman dan foto bareng dengan Dahlan Iskan.

Untuk kali pertama pria yang akrab disapa Pak Dis ini masuk ke Istana Maimun. Tak heran, bila mantan dirut PLN ini sangat semangat mengunjungi lokasi ini. “Kalau Masjid Raya saya sudah pernah kunjungi. Saya kagum akan isin Istana Maimun. Dengan kemewahannya, kesultanan Deli pasti sangat makmur kala itu,” ujarnya.

Seperti diketahui, Istana Maimun dan Masjid Raya merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang saat itu berjaya di Medan. Kedua bangunan bersejarah tersebut dibangun pada tahun yang sama. “Istana ini punya sejarah tersendiri dan merupakan istana satu-satunya yang selamat dari revolusi sosial. Beberapa istana lain dihancurkan oleh kelompok sayap kiri pada masa itu,” ujar Dahlan Iskan.

Sementara Wagub Tengku Erry mengatakan, Istana Maimun layak mendapat perhatian dari semua kalangan agar tetap lestari. “Perlu perhatian serius terutama perawatan. Istana Maimun salah satu bukti sejarah yang masih tersisa. Tugas dan tanggungjawab kita bersama untuk melestarikannya,” imbau Erry.

Sedangkan Plt Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, Pemko Medan akan terus berusaha menjaga keselestarian Istana Maimun. “Istana Maimun merupakan salah satu ikon Kota Medan. Pemko akan melestarikan Istana Maimun,” kata Eldin. (ram)

http://www.jpnn.com/read/2013/07/01/179478/Dahlan-Iskan-Kagumi-Istana-Maimun-

***

Pemerintah Apresiasi Kesultanan Deli

MENTERI Negara (Meneg) BUMN, Dahlan Iskan, mewakili Pemerintah Indonesia memberikan apresiasi kepada Kesultanan Deli atas keberadaan Istana Maimun yang hingga kini masih berdiri kokoh. Istana Maimun merupakan satu-satunya istana kesultanan di Sumut yang selamat dari revolusi sosial.

Apresiasi tersebut dinyatakan Dahlan Iskan, dihadapan Pemangku Adat Raja Muda Deli, Tengku Hamdy Osman Delikhan, Wagub Tengku Erry Nuradi, dan Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin dalam acara silaturahmi di Istana Maimun, Jl, Brigjen Katamso Medan, Sabtu (29/3).

Menurut Dahlan Iskan, Pemprov Sumut dan Pemko Medan, layak bangga memilik Istana Maimun sebagai cagar budaya yang menyimpan sejarah. Istana berbentuk rumah panggung tersebut selamat dari penghancuran saat saat revolusi sosial tahun 1965.

“Saya baru pertama kali masuk ke dalam istana ini. Kalau ke Mesjid Raya, saya sudah pernah. Istana ini punya sejarah tersendiri dan merupakan istana satu-satunya yang selamat dari revolusi sosial. Beberapa istana lain dihancurkan oleh kelompok sayap kiri pada masa itu,” ujar Dahlan Iskan.

Sementara Wagub Tengku Erry mengatakan, Istana Maimun layak mendapat perhatian dari semua kalangan agar tetap lestari.

“Perlu perhatian serius terutama perawatan. Istana Maimun salah satu bukti sejarah yang masih tersisa. Tugas dan tanggungjawab kita bersama untuk melestarikannya,” ujar Erry.

Plt Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan, Pemko Medan akan terus berusaha menjaga keselestarian Istana Maimun.

“Istana Maimun merupakan salah satu ikon Kota Medan. Pemko akan sedaya mampu melestarikan Istana Maimun,” sebut Eldin.[ayt-15]

http://www.indonesiarayanews.com/news/nusantara/06-30-2013-13-18/pemerintah-apresiasi-kesultanan-deli

Iklan

One Comment to “Dahlan Iskan Kagumi Istana Maimun”

  1. tak Kan Hilang melayu Dibumi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: