Jika rugikan petani, Dahlan Iskan ancam tutup pabrik gula

“Mari kita buka-bukaan. Saya akan pelajari ini. Bila nantinya pabrik gula yang salah, maka akan saya hancurkan. Kalau pupuk yang salah, maka akan saya hancurkan,” 

Dahlan Tebu

Saat berkunjung ke Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyempatkan diri berdialog dengan ratusan petani tebu. Dari dialog di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Dahlan sempat melontarkan ancaman untuk menutup pabrik gula jika terbukti curang dan merugikan petani.

Ancaman tersebut disampaikan Dahlan Iskan usai menerima keluhan dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tebu Kabupaten Karanganyar, Kamis (27/6) malam. Beberapa petani mengutarakan, selama ini hanya bisa menikmati hasil panennya sekitar 66 persen, sedangkan sisanya menjadi milik pabrik gula untuk potongan biaya-biaya.

“Kita sangat menyayangkan, ketika petani tebu daerah lain panen keuntungan besar, dan harga gula juga mengalami kenaikan, justru petani di sini kok dirugikan,” katanya.

Dahlan berjanji akan mencarikan solusi permasalahan tersebut, dengan mempertemukan petani dan manajemen pabrik gula. Dari pertemuan tersebut diharapkan ditemukan jalan tengah yang bisa saling menguntungkan. Selain itu diharapkan akan ada perbaikan setelah diketahui akar permasalahannya.

” Kalau yang nakal pabrik gulanya, nanti kita akan tutup saja,” tegasnya.

Menanggapi mahalnya harga pupuk, Dahlan menuding ada persaingan yang tidak sehat di industri pupuk. Kondisi tersebut menyebabkan terjadi distribusi pupuk tidak merata.

“Dulu ada satu daerah yang kelebihan pupuk. Tapi ada juga di daerah lain yang mengalami kelangkaan. Tetapi semua sudah diatasi sehingga saat ini tidak ada lagi kelangkaan,” katanya.

[noe]

 

***

Dahlan Ancam Hancurkan Pabrik Gula di Karanganyar

KARANGANYAR – Para petani tebu di Karanganyar mengklaim telah mengalami kerugian dalam beberapa panen terakhir. Padahal, para petani tebu lainnya malah mampu meraup keuntungan tinggi.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan, dari laporan tiga petani tebu, menyatakan terdapat kerugian mereka selama panen. Menurutnya, areal tebu yang mereka miliki cukup luas, namun mereka masih merugi.

“Ini jelas-jelas ada yang salah. Seharusnya dengan luas tanah yang dimiliki,seharusnya para petani tebu mendapatkan keuntungan. Ini terus terang menarik perhatian saya,” ujarnya di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis 27 Juni malam.

“Mari kita buka-bukaan. Saya akan pelajari ini. Bila nantinya pabrik gula yang salah, maka akan saya hancurkan. Kalau pupuk yang salah, maka akan saya hancurkan,” tambah dia

Ancaman tersebut dikeluarkan Dahlan Iskan, seusai mendengarkan langsung keluhan yang disampaikan para petani tebu di Karanganyar, Jawa Tengah. Pasalnya, bila para petani tebu mogok tidak lagi mau menanam tebu, karena kerugian yang dideritanya, bukan pabrik gula yang akan dirugikan, melainkan negara.

Dahlan menambahkan, apa yang dialami para petani tebu di Karanganyar, merupakan ancaman serius yang segera harus dipecahkan. Sebab, bila dibiarkan begitu saja, Indonesia bisa kembali kebanjiran gula impor.

“Seharusnya dengan 66 persen diambil petani, yang 34 persen diambil pihak PTP, para petani seharusnya mendapatkan keuntungan rata-rata Rp 1 miliar. Sehingga harga gula tetap Rp 1800. Namun, bila harga gula dalam negeri lebih tinggi dari harga gula impor. Bisa dipastikan, Indonesia akan kebanjiran gula Impor lagi,” katanya. (mrt)

http://economy.okezone.com/read/2013/06/28/320/828869/redirect

Iklan
Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: