Dahlan: 1 BUMN Mampu Beli 1 Juta Ha Lahan di Australia

“Kalau konsorsium itu prosesnya panjang, sendiri saja, sendiri juga kuat kok,”

 Dahlan Iskan - Sapi Asutralia

JAKARTA – Guna menstabilkan harga daging sapi, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menginstruksikan tiga perusahaan BUMN, yakni PT RNI (Persero), Bulog, dan anak usaha PT Pupuk Indonesia yaitu Mega Eltra, bahwa akan membeli lahan perternakan seluas 1 juta hektare (ha) di Australia.

Nantinya, pembelian lahan tersebut akan dilakukan oleh salah satu dari tiga perusahaan tersebut. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, dirinya tetap akan menyarankan untuk satu perusahaan BUMN yang akan mengambil alih pembelian lahan peternakan di Australia dengan luas 1 juta ha.

“Kalau konsorsium itu prosesnya panjang, sendiri saja, sendiri juga kuat kok,” kata Dahlan seusai Rapim di Kantor Pusat Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Dahlan menjelaskan, lahan seluas 1 juta ha tersebut, memilki nilai investasi senilai Rp300 miliar. Dengan begitu, Dahlan menegaskan, kepada ketiga perusahaan BUMN tersebut agar tidak khawatir mengenai dana tersebut.

“Bukan terbentur dana, dana itu bisa dicari,” tandas Dahlan.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama RT RNI (Persero) Ismed Hasan Putro mengakui bahwa pembelian lahan peternakan tersebut lebih baik dilakukan secara konsorsium. Pasalnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan sebelumnya mengatakan akan diambil oleh salah satu dari tiga perusahaan tersebut.

“Kali ini saya berselisih ideologi dengan Menteri BUMN (Dahlan Iskan) untuk masalah pembelian lahan peternakan, Pak menteri minta para bumn yang tertarik untuk membuat proposal tapi saya bilang, kita bikin konsorsium saja jangan satu bikin proposal dan lainnya juga bikin,” kata Ismed saat acara peluncuran produk daging sapi kemasan Raja Daging di kantor RNI, Kuningan, Jakarta.

Menurut Ismed, pembelian lahan peternakan dengan luas 1 juta ha tersebut, lebih baik dilakukan secara konsorsium, tidak hanya lebih kuat, dengan konsorsium Imsed menilai lebih rasional.  (wdi)

Iklan
Tag:

One Comment to “Dahlan: 1 BUMN Mampu Beli 1 Juta Ha Lahan di Australia”

  1. Masih agak gak mudeng dengan hasil akhir strategi bikin pembibitan di Ausie ini.
    Misal BUMN dah menjalankan program ini, rekruit pegawai tentunya harus yg punya visa kerja Ausie atau warga Ausie sendiri itu dah peraturannya, jadi otomatis pekerja indonesia sedikit yg kepakai.
    Trus kalau udah berhasil kirim anakan sapi ke Indonesia, dan akhirnya gak perlu import daging lagi dari Ausie, bukannya para peternak disana akan protes ke pemerintah/parlemen…sekarang saja sudah banyak yang protes.
    Kalau pemerintahan/parlemen setuju sehingga ada larangan ekspor anakan sapi keluar Ausie (sama seperti Indonesia yg melarang ekspor raw material hasil tambang yg gak di olah) otomatis BUMN yg disana kan harus patuh. Kan bisa macet lagi cari bibit buat peternakan Indonesia.

    Di daerah Merauke, di pulau yos sudarso (pulau kimaam) ada padang rumput 0.5 juta ha yg siap buat peternakan, tapi sayang infrastruktur di wilayah Indonesia yg disana gak begitu diperhatikan. Jalan makadam yg direncanakan akan dikerjakan TNI pun masih di atas kertas. Tapi ada data kalau wilayah merauke bisa dijadikan food estate karena tanahnya subur dan datar. Gandum aja bisa tumbuh. Kalau bikin pelabuhan besar disana sepertinya kapal yg muat barang bisa bolak-balik dg muatan. Hitung2 mengembangkan wilayah timur biar gak selalu berpikiran untuk memisahkan diri dari NKRI.Info ttg Merauke: http://agrina-online.com/redesign2.php?rid=7&aid=2242

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: