Dahlan Iskan: Biar Tidak Saling Banting, Pabrik Pupuk Disatukan

“Pabrik pupuk kita jadikan satu. Tidak seperti dulu, dimana antara pabrik pupuk yang satu dengan yang lain saling banting, serobot-serobotan, iri dan berkelahi. Akibatnya satu daerah kekurangan pupuk sedangkan daerah lain menimbun pupuk,”

Dahlan-Bandungsogo-300x248

Sragen — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, mengatakan akan mengawasi kinerja produsen pupuk di Indonesia terkait program peningkatan produksi pertanian di Indonesia.

Menurut Dahlan, salah satu caranya adalah dengan menyatukan produsen pupuk di Indonesia, seperti; PT Pupuk Kujang, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Sriwidjaja, dan PT Pupuk Kaltim di bawah bendera PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC).

“Pabrik pupuk kita jadikan satu. Tidak seperti dulu, dimana antara pabrik pupuk yang satu dengan yang lain saling banting, serobot-serobotan, iri dan berkelahi. Akibatnya satu daerah kekurangan pupuk sedangkan daerah lain menimbun pupuk,” kata Dahlan Iskan dalam acara Apresiasi kepada Petani Program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) di Desa Bandungansogo, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Senin (24/6).

Sebagai Direktur Utama PIHC, pemerintah menunjuk Arifin Tasrif. Dahlan berharap PT PIHC dapat mengurangi persaingan tidak sehat di antara produsen pupuk. Sehingga mereka konsentrasi distribusi pupuk meningkatkan produksi pertanian di Indonesia.

“Setelah penggabungan tidak ada lagi kendala. Saya akan menyaksikan apakah pupuk sudah ditangani dengan baik karena pemupukan yang baik memengaruhi panen,” tambahnya.

Sebelumnya Dahlan Iskan juga sempat melakukan panen padi dan ikut menggilas padi di salah satu sawah di Desa Bandungsogo. Dahlan juga sempat melakukan dialog dengan warga setempat dan kelompok tani yang ada di Sragen.

Dahlan didampingi Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, Wakil Bupati Daryanto, Dandim 0725/Sragen, Kolonel 9Inf) R Wahyu Sugiarto, Ketua DPRD Sragen Sugiyamto dan para Direktur PT Pupuk Kujang, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Sriwidjaja, dan PT Pupuk Kaltim.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan (berdiri kanan) ketika berdialog dengan salah satu warga dalam Apresiasi kepada Petani Program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) di Desa Bandungansogo, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Senin (24/6).

http://www.timlo.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: