Lintasan MH82 – Siapapun presidennya, pasti akan naikkan harga BBM

“Siapapun presidennya pasti harga BBM akan dinaikkan, karena ini sudah keniscayaan,”

dahlan-siapapun-presidennya-pasti-akan-naikkan-harga-bbm

Di hadapan mahasiswa Universitas Riau, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memberi penjelasan mengenai keputusan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Salah satu alasannya, kebutuhan yang semakin tinggi dan tidak diimbangi dengan produksi minyak nasional. Sementara untuk impor minyak tidak bisa dibuka selebar-lebarnya untuk menjaga kesehatan anggaran negara.

“Apakah migas kita masih seperti dulu, atau sudah berubah? Atau jumlah yang banyak hanya mitos? Saat ini produksi minyak kita sekitar 840.000 barel. Sementara jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi semakin meningkat. Sehingga kebutuhan juga semakin meningkat,” ujar Juru Bicara Kementerian BUMN Faisal Halimi menirukan penjelasan Dahlan di Universitas Riau, Sabtu (22/6).

Dia menuturkan, dengan kondisi saat ini, maka kenaikan harga BBM tidak bisa dihindari. Menurutnya, siapapun yang memimpin negeri ini akan mengambil kebijakan serupa dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Siapapun presidennya pasti harga BBM akan dinaikkan, karena ini sudah keniscayaan,” tegasnya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan seorang Dahlan Iskan sebagai menteri BUMN? Dia mengaku hanya bisa mendorong agar Pertamina mrmproduksi minyak lebih besar dari saat ini.

“Dulu saat saya di PLN, saya bisa melakukan hal-hal yang konkret. Tapi di sini, saya temui Pertamina untuk menggenjot produksi,” jelasnya.

Seperti diketahui, setelah sekian lama menjadi wacana, pemerintah akhirnya secara resmi mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Pemerintah menetapkan, harga BBM bersubsidi jenis premium naik Rp 2.000 per liter dan harga jual Solar naik Rp 1.000 per liter.

Dengan kenaikan tersebut, maka terhitung mulai Sabtu (22/6), harga jual premium yang semula Rp 4.500 per liter kini menjadi Rp 6.500 per liter. Sedangkan harga Solar yang semula Rp 4.500 per liter menjadi Rp 5.500 per liter.

[noe]

http://www.merdeka.com/

***

Dahlan Iskan: Siapa Pun Presidennya, Harga BBM Pasti Naik

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi tidak bisa dihindari. Siapa pun presidennya, harga bensin premium pasti dinaikkan.

Dahlan menegaskan hal ini di hadapan para Badan Eksektif Mahasiswa (BEM) gabungan dari Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Riau. UIN Suska Riau, dan Universitas Islam Riau, Sabtu hari ini.

Siapapun presidennya pasti harga BBM akan dinaikkan, karena ini sudah keniscayaan,” kata Dahlan seperti diceritakan Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada detikFinance, Sabtu (22/6/2013).

“Apakah migas kita masih seperti dulu, atau sudah berubah atau jumlah yang itu banyak hanya mitos. Saat ini produksi minyak kita sekitar 840 ribu barel. Sementara jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi semakin meningkat. Sehingga kebutuhan juga semakin meningkat,” jelasnya.

Yang bisa dilakukan oleh Indonesia saat ini, kata Dahlan, adalah melakukan hal-hal yang kongkrit, salah satunya menggenjot produksi oleh PT Pertamina (Persero).

“Saya yakin anak-anak muda bisa buat perubahan. Namun juga tidak mudah, karena panjangnya birokrasi dan kurang percayanya akan kemampuan Pertamina. Padahal Pertamina perusahaan besar,” ujarnya.

Selama ini, produksi minyak RI juga tersendar karena panjangnya birokrasi. Untuk bisa mengebor dan menyedot minyak saja perlu 280 izin yang berbeda. Bisa dibayangkan betapa sulitnya menggali kekayaan alam Indonesia yang akan dimanfaatkan untuk rakyatnya tersebut.

“Makanya hal ini harus segera kita bereskan, agar kemandirian energi kita bisa cepat diatasi,” katanya.

http://finance.detik.com

***

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: