Lintasan MH82 – Dahlan Iskan Beri Kuliah Umum di Pekanbaru Soal Migas

“Namun juga tidak mudah, karena panjangnya birokrasi dan kurang percayanya akan kemampuan Pertamina. Padahal Pertamina itu perusahaan besar.”

Dahlan Iskan - Kuliah umum Universitas Riau

PEKANBARU – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini memberikan kuliah umum di Universitas Riau (UNRI). Dalam acara yang dihadiri ratusan mahasiswa dan bertemakan “Migas Untuk Kesejahteraan Rakyat” itu, Dahlan mengingatkan betapa pentingnya migas bagi kehidupan masyarakat. Untuk itu dia memaparkan betapa sulitnya mendapatkan izin memprodukis migas.

Beberapa mahasiswa sangat antusias mengajukan pertanyaan, seperti, berapa banyak jumlah migas yang dimiliki Indonesia serta seberapa besar peran pemerintah dalam memproduksi migas.

“Saat ini produksi minyak kita sekitar 840 ribu barel. Sementara jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi semakin meningkat. Sehingga kebutuhan juga semakin meningkat,” ujar Dahlan menjawab pertanyaan salah satu mahasiswa UNRI, Sabtu (22/6).

Sebagai perbandingan memudahkan menjawab pertanyaan terkait peran pemerintah, Dahlan membeberkan tugas yang pernah dia emban sebagai mantan dirut PLN serta tugasnya saat ini di BUMN.

“Dulu saat saya masih di PLN, saya bisa melakukan hal-hal yang kongkret. Seperti meminta gas 5 sendok saja dari gas yang begitu besar dari BP untuk menghidupkan listrik di Bintuni, kemudian juga di Siak. Alhamdulillah berhasil, mereka berikan dan listriknya nyala di sana dan teratasi,” terangnya.

Sementara kata Dahlan, di BUMN sifatnya tidak operasional. Untuk itu dirinya kerap menyambangi Pertamina. “Makanya saya temui Pertamina untuk menggenjot produksi, mulai dari membuat program Brigade 200K (produksi 200 ribu barel per hari-red) ,” jelas Dahlan.

Namun tugas itu ia amatkan khusus bagi karyawan Pertamina berusia muda, dengan maksimal umur 29 tahun. Permintaan khusus itu sebelumnya pernah ditawar oleh Dirut Pertamina Karen Agustiawan, namun akhirnya disetujui.

“Walau Dirut Pertamina nawar, umur 32-35 tahun saja, saya tetap tidak mau. Karena saya yakin, hanya anak-anak muda yang bisa membuat perubahan,” terangnya.

Meski begitu, pria yang pernah melakukan operasi cuci otak ini sadar bahwa untuk mewujudkan produksi minyak hal itu tidak lah mudah. Karena, dibutuhkan ratusan perizinan untuk dapat mewujudkan keinginan itu.

“Namun juga tidak mudah, karena panjangnya birokrasi dan kurang percayanya akan kemampuan Pertamina. Padahal Pertamina itu perusahaan besar. Izinnya saja sampai harus 280 izin, coba dibayangkan betapa banyaknya dan sulitnya. Makanya hal ini harus segera kita bereskan, agar kemandirian energi kita bisa cepat diatasi,” pungkas Dahlan.

Mendengar penjelasan Dahlan, sontak ratusan mahasiswa UNRI langsung memberi tepuk tangan dengan riuh. (chi/jpnn)

http://www.jpnn.com/

***

Dahlan Iskan Bicara Migas di Universitas Riau

PEKANBARU, GORIAU.COM – Menteri BUMN Dahlan Iskan disambut dengan gebukan kompang oleh mahasiswa Universitas Riau (Unri), Sabtu (22/6/2013) sekitar pukul 09.00 WIB. Kehadiran Dahlan Iskan ini dalam rangka menjadi pembicara seminar nasional bertajuk ‘Migas untuk Kesejahteraan Rakyat’ yang ditaja di Gedung Sutan Balia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Riau.
Pantauan GoRiau.com, sebelum Dahlan Iskan menginjakkan kaki di Fisipol Unri, lokasi seminar sudah diserbu seribuan peserta. Sejak pagi, peserta yang terdiri dari mahasiswa dan umum ini terlihat sabar menunggu mantan Dirut PLN ini.
Ketua panitia Zulfa Hendri dalam sambutannya mengatakan acara ini merupakan program BEM Unri. Namun kali ini menghadirkan pembicara yang tepat, apalagi di saat BBM naik harga.
“Seperti apa kupasannya, nanti kita saksikan,” ujarnya.
Sedangkan Rektor Unri, Ashaluddin Jalil juga menyampaikan hal yang sama. Dua hal yang membuat Dahlan datang dalam keadaan tepat adalah, pertama memang tepat saat BBM naik harga.
Acara seminar terbesar ini dipandu oleh Edyanus Herman Halim, nota bene juga alumni Fakultas dosen Fakultas Ekonomi Universitas Riau. (kha)

http://www.goriau.com

2 Komentar to “Lintasan MH82 – Dahlan Iskan Beri Kuliah Umum di Pekanbaru Soal Migas”

  1. Mendukung Abah dahlan Iskan

  2. Sambutan mahasiswa dan civitas academika Unri yang luar biasa atas kehadiran Menteri BUMN Dahlan Iskan, menandakan mereka sangat mengharapkan pemimpin bangsa dan negara seperti beliau. Anehnya juga, tidak seperti pejabat lainnya, termasuk kehadiran Presiden atau Wapres atau Menteri, yang biasanya disambut dengan demo penolakan atas kehadiran para pejabat pemerintahan itu, tetapi untuk Dahlan Iskan, sepertinya belum pernah terjadi, kecuali saat acara Reuni Keluarga Alumni ITB, dimana salah seorang penitianya menolaknya. Tetapi, orang itu langsung dikecam habis-habisan oleh berbagai pihak atas penolakan kehadiran mantan Dirut PLN itu. Kayaknya, Abah Dahlan Iskan kini telah bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat Indonesia….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: