Lintasan MH82 – Dahlan Iskan, Bentuk Working Group, Untuk Atasi Masalah Perijinan

“Dibentuk working group, dalam seminggu ini sudah harus selesai usulan penyederhanaan perizinannya apa saja,”

Dahlan Iskan - Working Group

JAKARTA – Perizinan yang rumit dan panjang telah menjadi penyebab sulitnya meningkatkan produksi minyak dan gas bumi di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, ada 270 izin yang harus dilalui oleh perusahaan yang ingin melakukan usaha produksi minyak dan gas.

Sebagai contoh, untuk meningkatkan produksi minyak, izin yang harus dilalui di Kementrian Perhubungan saja lebih dari 20. Belum lagi di Kementerian ESDM sebyanyak 8 izin. Kemudian dari pemerintah daerah lebih banyak lagi perijinanya.

Salah satu dampaknya, Pertamina yang sudah membentuk Brigade 200K untuk meningkatkan produksi minyak, mengalami hambatan di lapangan gara-gara soal perizinan yang panjang dan rumit.

Dalam upaya menyederhanakan perizinan itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan melakukan rapat dengan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini dan Direkrut Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Senin (17/6).

Dahlan menjelaskan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan agar perizinan usaha migas direformasi. “Preisden gemas dengan sulitnya meningkatkan produksi migas ini. Lebih gemas lagi kalau tahu izinnya banyak,” ujar Dahlan usai pertemuan.

Menurut Dahlan, pihak yang paling tahu soal hambatan perizinan ini adalah SKK Migas dan Pertamina. Kedua lembaga ini tahu persis apa saja yang selama ini menghambat. Dalam pertemuan itu, Kepala SKK Migas dan Dirut Pertamina sama-sama membawa staf yang tahu hambatan di lapangan.
Dalam pertemuan tersebut, lanjut Dahlan, telah disepakati bahwa SKK Migas mendapat masukan dari Pertamina di mana saja hambatannya. “Dibentuk working group, dalam seminggu ini sudah harus selesai usulan penyederhanaan perizinannya apa saja,” kata Dahlan.

Nanti hasil kerja working group ini akan dibawa dalam rapat koordinasi dengan Menko Ekonomi Hatta Rajasa. Setelah itu hasilnya akan disampaikan kepada Presiden Yudhoyono.

Beberapa waktu lalu, Dahlan menjelaskan bahwa direksi Pertamina telah membentuk “Brigade 200K” dan “Brigade 100K” pada akhir tahun 2012. Brigade ini sepenuhnya terdiri dari anak muda Pertamina yang umurnya paling tinggi 29 tahun.

Brigade 200K sepenuhnya akan bertanggung jawab terhadap kenaikan produksi minyak Pertamina sebesar 200.000 (200K) barel per hari. Sedang Brigade 100K bertanggung jawab akan lahirnya energi terbarukan melalui percepatan proyek geothermal sebesar (equivalen) 100.000 barel per hari.

Dengan tambahan produksi itu maka Pertamina sudah bisa dibilang memasuki level perusahaan minyak kelas regional. Brigade 200K akan menengok kembali sumur-sumur tuanya yang jumlahnya ribuan. Dengan teknologi baru, mestinya produksi minyak itu bisa ditingkatkan.

Ini sudah terbukti di Sungai Lilin, Sumsel. Produksi sumur tua peninggalan Belanda itu berhasil ditingkatkan menjadi lima kali lipatnya. Dalam dua tahun produksinya naik dari 80 barel per hari menjadi 450 barel per hari.

“Kalau saja Brigade 200K berhasil dengan kerja kerasnya, alangkah bersejarahnya. Meningkatkan produksi 200.000 barel dalam dua tahun luar biasa nilainya,” kata Dahlan ketika itu. Karena, lanjutnya, itu juga berarti akan mengurangi impor minyak mentah 200.000 barel per hari. Devisa negara pun bisa dihemat.

Dirut Pertamina Karen Agustiawan belum lama ini mengatakan, produksi migas Pertamina terus menunjukkan peningkatan dalam kurun 5 tahun terakhir, di tengah terus merosotnya produksi KKKS lainnya. Dengan Brigade 200K, melalui program I/E OR produksi migas perusahaan diharapkan terus meningkat dengan target pencapaian 2,2 juta barel setara minyak per hari pada 2025. (dri)

– See more at: http://www.indopos.co.id/index.php/37-bumn/4383-dahlan-bentuk-working-group#sthash.4dTkKDlz.dpuf

Iklan

One Comment to “Lintasan MH82 – Dahlan Iskan, Bentuk Working Group, Untuk Atasi Masalah Perijinan”

  1. Tidak diragukan lagi gerak cepat dan tetap menggunakan akal sehat yang dilakukan oleh Abah Dahlan Iskan. Mendukung Abah Dahlan Iskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: