Dahlan : Monorail Jakarta bakal kalahkan Malaysia

“Monorail ini tidak kalah dengan monorail yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia dan kapasitasnya pun tiga kali lipat dari yang ada di sana,”

211111_pameran-monorel-di-monas_663_382

Dalam hal transportasi massal, Malaysia mungkin sudah lebih maju dibanding Indonesia. Malaysia sudah sejak lama memiliki monorail, sementara Indonesia masih sebatas wacana yang tak kunjung terealisasi.

Namun, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dengan percaya diri mengatakan bahwa monorail Jakarta bakal mengalahkan monorail milik Malaysia. Dalam hal kapasitas dan daya angkut, monorail Jakarta akan jauh lebih besar dibanding Malaysia.

“Monorail ini tidak kalah dengan monorail yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia dan kapasitasnya pun tiga kali lipat dari yang ada di sana,” tegas Dahlan saat pameran monorail di Monas, Jakarta (22/6).

Dia mengaku sangat berharap mimpi tersebut bisa terwujud di era kepemimpinan Gubernur DKI Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi. Sebab, di era kepemimpinan gubernur sebelumnya yakni Sutiyoso, rencana ini tak kunjung terealisasi,.

“Ide ini ada sudah sejak lama, waktu zaman Bang Yos (Sutiyoso). Waktu itu dia cerita ingin punya monorail seperti di Kuala Lumpur. Tapi belum kesampaian,” jelasnya.

Dengan suara tegas Dahlan mengaku bakal mendukung Jokowi untuk menghadirkan monorail di ibu kota. “Mudah-mudahan dengan adanya monorail ini kebutuhan akan transportasi masa bisa memuaskan masyarakat nantinya,” katanya.

PT Adhi Karya sebagai pimpinan konsorsium pembangunan monorail Jakarta membanggakan keunggulan transportasi massal hasil karya perusahaan-perusahaan BUMN di depan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi.

Salah satu keunggulannya adalah daya angkut yang sangat besar. Beberapa waktu lalu, Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan menyebutkan, monorail ini bisa mengangkut 30.000 penumpang.

Sejalan dengan itu, pihaknya juga meyakini kehadiran monorail bisa mengurangi penggunaan mobil pribadi. Dengan berkurangnya penggunaan mobil pribadi, otomatis akan mengurangi penggunaan BBM hingga 573.000 liter per hari.

Keunggulan lain adalah dalam hal waktu tempuh. Dengan menggunakan monorail, jarak tempuh dari Bekasi Timur menuju Cawang hanya sekitar 24 menit. Sedangkan dari Cibubur menuju Cawang sekitar 18 menit dan dari Cawang ke Kuningan hanya 15 menit.

Dengan menawarkan waktu perjalanan yang singkat, diharapkan masyarakat memilih monorail ketimbang kendaraan pribadi sebagai alat transportasi.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-sesumbar-monorail-jakarta-bakal-kalahkan-malaysia.html

***

Dahlan dan Jokowi Buka Pameran Monorel BUMN


Metrotvnews.com, Jakarta: Pameran monorel resmi dibuka Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (22/6) sore.

Pembukaan ditandai penekanan bel oleh kedua tokoh itu, dan juga Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, perwakilan para Dirut BUMN yang tergabung dalam konsorsium dan Dirkesi PT Jakarta Monorel danjuga juga mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.

Pameran rencananya dibuka mulai 22 Juni hingga 7 Juli, dari pukul 10.00-21.00 WIB. Pameran dibuka untuk umum dan gratis. Ada tiga jenis monorel yang dikenalkan pada pameran ini, yakni mock up monorel Jabodetabek, Jakarta link transportation JLT yang akan memiliki rute Bekasi Timur-Cawang sejauh 18.138 kilometer, rute Cawang-Kuningan sejauh 7.170 kilometer dan Cibubur-Cawang sejauh 13.728 km.

Dua jenis lainnya adalah mock up monorel automotic people mover system APMS untuk Bandara Soekarno-Hatta dan mock up monorel automotix container transportation, ACT untuk pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, jasa angkutan kontainer dari dan ke depo Teluk Lamong-Depo Tanjung Perak.

Namun, hanya dua mock up yang ada di pameran ini. Satu monorel yang dibangun oleh BUMN dan monorel milik Pemprov DKI Jakarta dalam bentuk replika. Masyarakat dapat mencoba kedua tiruan tersebut. Untuk mencobanya, mereka tak perlu mengeluarkan uang, hanya cukup datang dan mencobanya. Bagaimana, tertarik?

http://bisnis.liputan6.com/read/619811/mobil-listrik-versi-dahlan-meluncur-agustus

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: