Dahlan Iskan : Monorail Bikin Kota Lebih Rasional

Dahlan Iskan bersama Jokowi membuka pameran Monorail di Silang Monas Jakarta (GATRAnews/Adi Wijaya)

Jakarta, GATRAnews – Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan, moda transportasi massal berbasis rel monorail tak hanya sebagai solusi kemacetan di Jakarta. Tetapi juga membuat Ibu Kota lebih rasional untuk sektor pembangunan.

Jika bertumpu pada pembangunan jalan raya, ratusan bahkan ribuan kilometer tidak akan cukup. Mengingat pertumbuhan ekonomi dan penjualan mobil di Indonesia terus tumbuh.

“Sebenarnya tidak cuma mencegah kemacetan, tetapi juga membuat kota itu lebih rasional. Karena kalau jalan ditambah yah enggak akan cukup juga,” ungkapnya di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (22/6) sore.

Mantan Dirut Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini mengatakan jumlah mobil di Jakarta saat ini masih sedikit. Booming mobil akan terus bertambah jika pertumbuhan ekonomi terus mengalami peningkatan.

“Jangan anggap mobil sekarang sudah banyak loh. Kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia ini seperti sekarang akan berlipat-lipat lagi. Jalan berapa banyak pun enggak akan cukup,” lanjutnya.

Dahlan menambahkan, solusi kemacetan dan banyaknya mobil di Ibu Kota, hanya dengan penyediaan kendaraan umum. Sehingga, akan terjadi peralihan kendaraan dari pribadi ke umum.

“Harus lebih disediakan sehingga mobil pribadi akan berkurang terus, kan itu intinya. Bayangkan, kalau satu monorel bisa mengangkut 800 ribu orang, itu kira-kira sama dengan 400 ribu mobil, ih mengerikan,” pungkasnya. (*/Zak)

http://www.gatra.com/ekonomi-1/33143-dahlan-iskan-monorail-bikin-kota-lebih-rasional.html

Iklan

One Comment to “Dahlan Iskan : Monorail Bikin Kota Lebih Rasional”

  1. Sungguh sangat rasional pemikiran Menteri BUMN Dahlan Iskan. Bahwa, untuk mengatasi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya, tidak bisa hanya dengan memperbanyak atau memperpanjang jalan raya. Hal itu harus diatasi dengan moda transportasi yang enak dan aman serta cepat sampai di tujuan dan tidak kenal macet. Mode transportasi itu ya monorel dan MRT serta Busway. Dengan demikian, pada akhirnya para pengendara mobil pribadi akan berganti menggunakan mode transportasi yang anti macet itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: