“Tabungan” Pertamina Rp25 T di Pemerintah Segera Cair

“Rapat di Bank Indonesia (BI), Pertamina akan dibayar oleh pemerintah 1-2 hari lagi,” 

ilustrasi: (foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, dana PT Pertamina (Persero) senilai Rp25 triliun yang tersendat di pemerintah akan segera dibayarkan dalam kurun waktu dua hari ke depan.

“Rapat di Bank Indonesia (BI), Pertamina akan dibayar oleh pemerintah 1-2 hari lagi,” kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Dahlan menjelaskan, dana pembayaran kepada Pertamina bersumber dari APBN, sesuai dengan jumlah yang diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Diketahui sebelumnya, PT Pertamina (persero) diyakini masih memiliki “tabungan” di pemerintah. Tabungan tersebut, berasal dari anggaran yang belum dibayarkan oleh pemerintah, dan ditaksir mencapai Rp25 triliun.

Dahlan Iskan mengatakan, uang sebesar Rp25 triliun itu, atas penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas bersubsidi yang dilakukan oleh Pertamina. Sehingga, ini menjadi beban yang harus dipikul oleh Pertamina.

“Biaya tanggungan Rp25 triliun, bayangkan perusahaan tagihannya Rp25 triliun, dan Pertamina terus impor minyak sementara belum dibayar. Karena kan mengganggu keuangan,” kata Dahlan kepada wartawan di kantor pusat Pertamina, Jakarta.

Dengan demikian, Dahlan mengungkapkan Pertamina harus tetap membeli atau memasok minyak guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, sesuai yang diajukan oleh negara. (wan) (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/06/21/19/825507/tabungan-pertamina-rp25-t-di-pemerintah-segera-cair

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: