Dahlan: Mengembangkan geothermal ruwet seperti main judi

“Hambatannya memang luar biasa banyak untuk memulai ini. Nanti Pertamina akan gandeng Jepang,”

dahlan-mengembangkan-geothermal-ruwet-seperti-main-judi

Menteri BUMN Dahlan Iskan menceritakan betapa sulitnya mengembangkan usaha geothermal atau panas bumi di Indonesia. Menjalankan bisnis ini butuh modal besar dan mempunyai skema kerja. Dianalogikan seperti berjudi yang hasilnya belum tentu bisa diperoleh.

Dalam mengembangkan geothermal, perusahaan harus membuat sumur yang akan menghabiskan dana sekitar Rp 75 miliar. Sumur itu juga belum pasti akan menghasilkan energi panas bumi.

“Harga awalnya itu mencapai Rp 75 miliar. Di sini banyak pengusaha yang menang tender tapi tidak mulai-mulai kerja, ini karena menjudikan uang Rp 75 miliar ini. Perusahaan yang luar biasa kuat yang hanya bisa memulai,” ucap Dahlan di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu (19/6).

Walaupun demikian, Dahlan tetap meminta Pertamina untuk merealisasikan usaha panas bumi ini. Menurut Dahlan, Indonesia sudah tidak mengerjakan usaha ini. “Hambatannya memang luar biasa banyak untuk memulai ini. Nanti Pertamina akan gandeng Jepang,” katanya.

Untuk memulai bisnis ini, Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan juga sudah mengganti Direktur Utama anak usahanya yaitu Pertamina Geothermal Energy. Karen mengangkat salah satu pegawai dari dalam Pertamina. “Ini untuk mereview seluruh biaya pengembangan biaya geothermal milik Pertamina,” tambah Dahlan.

Dahlan meminta dalam dua bulan ke depan, Pertamina bersama dan Pertamina Geothermal Energy sudah bisa merumuskan biaya yang dibutuhkan. Dahlan berharap pengembangan geothermal bisa dimulai pada tahun ini.

“Nanti Pertamina dengan PLN dan SKM dari Selandia Baru rapat suatu tempat tidak diganggu dan mereka tidak berhenti sebelum urusan teknis urusan legal, urusan perjanjian selesai dibahas. Rapatnya bulan ini,” tutup Dahlan.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-mengembangkan-geothermal-ruwet-seperti-main-judi.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: