Dahlan Iskan ‘Giring’ BUMN Investasi di Papua Nugini

“Ini tidak hanya bicara ekonomi, tapi Pasifik selatan, bagaimana mempererat hubungan, maka dengan yang jauh saja hubungannya baik, masa yang dekat tidak,”

PapuaNewGuinea

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan bahwa empat perusahaan pelat merah, yakni PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT PLN (Persero), PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan melakukan kerjasama di Papua Nu Gini.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan bahwa kerjasama ini tidak hanya membicarakan mengenai ekonomi, melainkan sebagai cara mempererat hubungan dengan negara-negara tetangga.

“Ini tidak hanya bicara ekonomi, tapi Pasifik selatan, bagaimana mempererat hubungan, maka dengan yang jauh saja hubungannya baik, masa yang dekat tidak,” kata Dahlan kepada wartawan di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Dahlan menjelaskan bahwa, ekpansi yang dilakukan oleh Garuda Indonesia, untuk menjajaki bisnis penerbangan di Papua, PLN akan menyalurkan listrik di Papua. Pertamina ingin berekspansi di sektor Petrochemical. Dan untuk Telkom masih belum konkret ingin ekspansi bisnis apa di sana.

“Belum kongkrit. Kita kirim delegasi ke sana. Ini belum detail. Ini kan baru pertemuan dengan PM. Di sana kan penduduknya lebih banyak dari Timor Leste. Di sana kan penduduknya 7 juta dan ekonominya tumbuh 9 persen,” tambahnya.

Selain tiga perusahaan yang sudah konkret berekspansi ke Papua, mantan Dirut PLN itu mengungkapkan bahwa beberapa perusahaan plat merah lainnya seperti, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) masih mencari peluang yang tepat di Papua Nugini.

“Antam masih cari peluang, PGN cari peluang, maka ini bukan bicara ekonomi saja, tapi solidaritas serta memperkuat hubungan bertetangga antara dua negara,” tutupnya. (wan) (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/06/18/320/823647/dahlan-iskan-giring-bumn-investasi-di-papua-nugini

***

Empat BUMN Jajaki Bisnis di Papua Nugini

Empat BUMN Jajaki Bisnis di Papua Nugini

TEMPO.CO, Jakarta – Empat perusahaaan pelat merah menjajaki kerja sama dengan pemerintahan Papua Nugini. Keempat BUMN tersebut adalah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Pertamina (Persero).

“Belum konkret,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan di Jakarta, Selasa 18 Juni 2013. “Kami kirim delegasi ke sana. Ini belum detail. Ini kan baru pertemuan dengan Perdana Menteri.”

Papua Nugini, menurut dia, memiliki prospek ekonomi yang sangat menjanjikan. “Ekonomi di sana tumbuh hingga 9 persen,” katanya.

Dahlan menerangkan, Garuda akan menjajaki bisnis penerbangan sedangkan PLN akan menyalurkan listrik. Adapun Pertamina ingin berekspansi di sektor petrochemical. “Masih mencari prospek yang bisa dimasuki,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Republik Indonesia dan Papua Nugini menandatangani nota kesepahaman mengenai perjanjian ekstradisi kedua negara di Istana Merdeka pada Senin 17 Juni 2013. Nota yang ditandatangi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin ini adalah bagian dari 11 nota kesepahaman dalam kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill dan delegasinya.

“Kami juga sepakat bekerja sama di bidang hukum, agar kedua negara bisa menegakkan hukum atas negaranya masing-masing. Oleh karena itu, kerja sama di bidang ekstradisi ini menjadi sangat penting,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat konferensi pers usai penandatangani nota kesepahaman di Istana Merdeka, Senin, 17 Juni 2013.

ANANDA PUTRI

http://www.tempo.co/read/news/2013/06/18/090489195/Empat-BUMN-Jajaki-Bisnis-di-Papua-Nugini

Iklan

2 Komentar to “Dahlan Iskan ‘Giring’ BUMN Investasi di Papua Nugini”

  1. misalkan LPG 3 kg dan 15kg diterapkan PN mantapp..?

  2. MENTERI YANG SELALU MELAKUKAN TANTANGAN DAN TEROBOSAN BARU
    DEMI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN RAKYAT INDONESIA….

    PARA DIREKSI , ANDA SUDAH DI-GAJI BESAR….DITUNGGU KARYA .N.Y.A.T.A -MU..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: