Dahlan: 16 Tahun Berdiri, TelkomVision Tak Pernah Untung


JAKARTA – Miliarder Chairul Tanjung (CT) telah melakukan akuisisi atas perusahaan televisi berbayar PT Indonusa Telemedia (TelkomVision). Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan, hal tersebut wajar karena anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) tersebut selama ini tidak pernah meraih keuntungan dalam penjualannya.

“TelkomVision itukan umurnya sudah 16 tahun, nah selama 16 tahun belum pernah sekalipun pun untung. Mereka tidak pernah mengalami untung dan selalu rugi terus,” ujar Dahlan saat ditemui di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Dia menegaskan, permasalahan tersebut di luar tanggung jawabnya, karena menurutnya perusahaan televisi berbayar tersebut adalah sepenuhnya tanggung jawab dari induk perusahaan yakni Telkom.

“Itu sebenarnya bukan tanggung jawab saya tapi itu urusan direksi dari induknya yaitu si Telkom. Inikan hanya anak usaha beda dengan BUMN. Anak usaha itu di luar tanggung jawab saya. Kalau Telkom yang kenapa-kenapa baru saya ikut selesaikan,” tukasnya.

Sebelumnya, CT memang disebut akan membeli 80 persen saham TelkomVision. CT akan melakukan akuisisi tersebut melalui perusahaannya, CT Corp. Seperti dilansir Reuters, nilai kesepakatan itu diperkirakan bernilai kurang dari USD100 juta.?

?Sebagai gambaran, pendapatan TelkomVision pada 2012 sebesar Rp405 miliar atau USD41,33 juta. Selain itu, pasar televisi berbayar di Indonesia hanya tujuh persen dari seluruh rumah tangga Indonesia. Sedangkan India sebesar 83 persen dan China 54 persen dari seluruh rumah tangga di masing-masing negara.?

?Sektor televisi berbayar diperkirakan tumbuh pesat karena berkembangnya kelas menengah di Indonesia?. (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/06/18/278/823582/dahlan-16-tahun-berdiri-telkomvision-tak-pernah-untung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: