Dahlan Iskan: Pemimpin harus Peka dan Berani

dahlan di UMT

TANGERANG – Seorang pemimpin harus memiliki sensitifitas terhadap segala permasalahan. Selain itu, seorang pemimpin juga harus berani mengambil keputusan.

Pesan tersebut disampaikan Menneg BUMN Dahlan Iskan ketika menjadi pembicara dalam Kuliah Umum Enterpreneruship dan Leadership di Kampus Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Karawaci, Tangerang, Sabtu (15/6).

Dahlan pun mencontohkan sifat kepemimpinan itu dengan pengalamannya ketika memimpin PLN. Awalnya, Dahlan ditentang oleh sejumlah kalangan di perusahaan listrik milik negara  itu. Tapi, Dahlan maju terus. Apalagi menjadi direktur PLN bukan keinginan dia melainkan karena ditunjuk oleh presiden.

Sewaktu memimpin PLN itu pun, Dahlan berani mengambil  keputusan-keputusan untuk perbaikan perusahaan.

”Saya mati-matian menekan pemborosan. Perjalanan dinas yang membuat kas kempes saya tekan. Dalam sebulan, waktu itu ada 28.000 perjalanan dinas yang menghabiskan kas PLN sampai Rp 50 miliar,’’ cerita Dahlan.

Karena semangatnya memperbaiki PLN sedang tinggi-tingginya, Dahlan mengaku awalnya sangat berat meninggalkan PLN.

’’Karena saya pikir saat itu PLN sedang sangat bersemangat untuk berubah (ke arah lebih baik). Akan tetapi presiden akhirnya meyakinkan saya bahwa dengan menjadi menteri saya juga masih bisa mengurusi PLN,’’ tandasnya.

Soal pemimpin yang berani ini, dalam kesempatan itu Dahlan Iskan tak lupa memberi pujian kepada Rektor UMT H. Achmad Badawi  S.Pd., S.E., MM. Dahlan memuji keberanian rektor memperluas bangunan kampus UMT yang menghabiskan dana sebesar Rp 38 miliar. (husni thamrin/rw/medcen)

http://dahlaniskan.net/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: