Diskusi Memanas, Dahlan Iskan Salami Surya Paloh

“Saya tidak pernah mau diwawancarai oleh Jawa Pos TV, kalo koran masih boleh lah,”

Dahlan Iskan - Surya Paloh

Jakarta – Jarum jam menunjukkan pukul 11.35 Wita. Dahlan Iskan tiba-tiba mendekati Surya Paloh yang sedang bicara di podium. Dahlan, pemilik Jawa Pos itu kemudian menyalami Surya Paloh, pemilik Media Group. Peristiwa itu terjadi setelah diskusi agak memanas.

Sesi pertama Pertemuan Puncak Pemimpin Redaksi se Indonesia diisi dengan diskusi panel yang menghadirkan Dahlan Iskan, Surya Paloh, Dirut Emtek Sutanto Hartono, Dirut Kompas Gramedia Agung Adi Prasetyo, dan pendiri Majalah Tempo Fikri Jufri. Acara yang berlangsung di Nusa Dua Ballroom Bali Nusa Dua convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (13/6/2013) ini mengusung tema Peran Media dalam Transformasi Politik dan Mendorong Ekonomi Indonesia.

Menjawab berbagai macam pertanyaan dari peserta berkaitan dengan hubungan keredaksian dan pemilik media, Dahlan Iskan menceritakan tentang pengalaman dirinya. Dia bercerita bahwa setelah dirinya sakit dan dirawat lama di China, Dahlan memutuskan untuk berhenti menjadi jurnalis dan hanya ingin menjadi pemilik Jawa Pos Group dan tidak mengurusi berita.

Dia juga mengatakan bahwa koran yang ia punya bisa dibuat apa saja. Tapi, bukan untuk kepentingan politik. “Biasanya kalau koran dipakai untuk kepentingan politik, tidak akan laku,” kata Dahlan.

Bila koran bisa dibuat apa saja, kata Dahlan, tapi tidak demikian untuk media televisi. Dia selama ini tidak mau tampil di Jawa Pos TV (JTV) untuk kepentingan pribadi. “Karena televisi merupakan frekwensi publik,” kata Dahlan yang saat ini menjabat Menteri BUMN ini.

Dahlan memang tidak menyindir siapa pun, termasuk Surya Paloh yang duduk di barisan pembicara. Namun, ketika sang moderator kemudian meminta Surya Paloh untuk berkomentar mengenai hal ini, suasana menjadi lain. Tepuk tangan peserta dan undangan punmenggema.

Surya Paloh yang mengenakan jas warna hitam, dengan suara baritonya menanggapi hal itu dengan tegas. “Saya bicara mengenai kebangsaan dan idealisme. Tapi mengapa diprotes? Tapi ada televisi yang menyiarkan sinetron-sinetron berjam-jam mengapa tidak ada yang protes,” tegas Surya Paloh disambut tepuk tangan.

Melihat Surya Paloh yang berbicara berapi-api, Dahlan Iskan yang tampil dengan baju putih dibalut jas putih itu kemudian menghampiri Surya. Dahlan dengan tersenyum menepuk bahu Surya dan menjulurkan tangannya untuk menyalami. Tanpa jeda, Surya Paloh pun menjawab uluran salam Dahlan. Tepuk tangan pun bergemuruh di ruangan yang luas itu.

Begitulah dua pemilik media ini bersikap. Diskusi boleh panas, tapi keduanya memperlihatkan persahabatan. Setelah itu, Surya Paloh melanjutkan bicara. “Kalau boleh memilih, saya mending tidak menjadi pemilik televisi, tapi bisa tampil di televisi,” kata pemilik Media Indonesia dan Metro TV itu.

Pertemuan puncak para pemimpin redaksi seIndonesia ini dihadiri sekitar 450 orang, sekitar 200 di antaranya adalah para pemimpin redaksi, baik di Jakarta maupun daerah. Hadir juga dalam acara hari pertama ini, para tokoh pers dan kalangan swasta.

http://news.detik.com/

***

Dahlan pun Menjabat Tangan Surya

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri BUMN Dahlan Iskan hanya bisa tersenyum saat mendengar kelakar Chairman Media Group Surya Paloh. Dahlan yang terkenal ceplas-ceplos itupun menyalami Surya Paloh sebagai tanda sepakat.

Kejadian menarik ini terjadi saat diskusi sesi pertama Forum Pemred yang berlangsung di Bali, Kamis (13/6). Pada saat Dahlan berbicara, pemilik Jawa Pos Grup ini mengkritisi pemilik media yang menggunakan stasiun televisi untuk kepentingan politiknya.

“Saya tidak pernah mau diwawancarai oleh Jawa Pos TV, kalo koran masih boleh lah,” tandas Dahlan.

Ketika giliran Surya Paloh berada di atas podium, pemilik Metro TV ini pun mencoba menangkis pernyataan Dahlan sembari berkelakar. “Saya bicara di televisi soal kebangsaan demi pembangunan Indonesia dan tidak ada iklannya kok dikritik, tapi giliran pemilik televisi lain yang selalu menayangkan sinetron kok tidak dikritik,” kata Surya disambut tepuk tangan peserta Forum Pemred.

Dahlan pun hanya bisa tersenyum dan ikut tepuk tangan. Dan secara spontan, dirinya pun bangkit dari bangku menghampiri Surya dan segera menjabat tangan Surya. Kedua sahabat ini pun tampak tertawa lepas.***

Editor: Tjahyo Utomo

http://www.metrotvnews.com/

Iklan

5 Komentar to “Diskusi Memanas, Dahlan Iskan Salami Surya Paloh”

  1. Dengan menyalami Chairman Media Indonesia Group, Surya Paloh, sebenarnnya pemilik Jawa Pos Group, Dahlan Iskan, telah menunjukkan ahlaknya yang mulia. Tetapi, orang selalu melihat, orang yang dihormati itu yang mulia. Sebenarnya tidak seperti itu

  2. Mendukung Bahar Maksum..

  3. Sungguh Dahlan Iskan itu orang yg sudah langka kita temukan di negri ini.

  4. orang yang menyorong tangannya untuk bersalaman lebih mulia dibanding yang menerima salaman

  5. Videonya gak ada ya. Cari di ytube, yg ada berita dari met..tv, yg hanya menampilkan SP, yg isinya ternyata membuktikan perkataan DI…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: