Dahlan Pastikan BUMN Bantu Pendanaan Pelatnas SEA Games

“Yang jelas kita akan merumuskannya tanpa menyalahi aturan yang ada, bahkan tanpa merubah aturan yang ada,”

Dahlan Iskan - Pelatnas

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan memastikan BUMN akan ikut membantu pendanaan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games XXVII Myanmar 2013 dengan memberikan bantuan kepada atlet berprestasi dan memiliki potensi secara individu.

Namun demikian, Dahlan mengungkapkan pola bantuan tersebut saat ini masih dibicarakan di tingkat asisten deputi dan tim teknis untuk merumuskan formulasi bantuan yang tepat.

“Yang jelas kita akan merumuskannya tanpa menyalahi aturan yang ada, bahkan tanpa merubah aturan yang ada,” ujarnya di sela-sela pelantikan Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) di Jakarta, selasa (11/6).

Dahlan menambahkan, mekanisme bantuan individu tersebut akan bersifat lebih permanen dibandingkan dengan skema bantuan yang sebelumnya dilakukan. Tim teknis yang membahas mekanisme bantuan tersebut juga akan melibatkan pengurus besar/pusat induk olahraga untuk menentukan atlet yang akan diberikan bantuan pendanaan.

“Kita memang sudah terima daftar dari KONI dan PB/PP terkait daftar atlet-atlet berprestasi yang akan diberikan bantuan, ini juga masuk dalan pembahasan di tingkat tim teknis,” Dahlan menambahkan.

Menanggapi hal itu, Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat, Tono Suratman menyabut gembira usulan pendanaan individu dari BUMN tersebut. Meski hal itu berarti tidak memberikan kesempatan bagi PB/PP induk olahraga untuk mendapatkan dana pembinaan bagi seluruh atletnya, pendanaan individu tetap bisa menutupi minimnya dana pembinaan yang disiapkan oleh pemerintah.

“Selebihnya itu menjadi tugas pemerintah untuk ikut memikirkan bagaimana pendanaan bagi cabang olahraga untuk proses pembinaan atlet,” ujar Tono.

Meski demikian, Tono menegaskan terus mencari solusi pembiayaan bagi pembinaan atlet di PB/PP dan juga untuk pendanaan multievent olahraga. Salah satunya adalah melalui voucher pulsa KONI yang akan segera diluncurkan. Tono menjelaskan, voucher tersebut bekerjasama dengan seluruh operator.

“Jadi kita bekerjasama dengan salah satu perusahaan IT dan ini bisa dipakai oleh semua operator, kita hanya mencoba mengambil sedikit keuntungan bisnis pulsa yang mencapai ratusan triliun per tahun. Kalau itu terwujud, pendanaan tidak akan lagi menjadi masalah,” tandasnya. (Ghani Cahyadi)

Editor: Afwan Albasit

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/12/4/160656/Dahlan-Pastikan-BUMN-Bantu-Pendanaan-Pelatnas-SEA-Games

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: