Dahlan Iskan Hubungi Mantan & Gubernur BI

“Tentu saya tidak bisa umumkan, karena masalah yang sensitif seperti ini, saya tidak mau detailnya karena masalah keuangan,”

Menteri BUMN Dahlan Iskan
JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku telah menghubungi Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan Mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, guna mendapatkan langkah apa yang seharusnya dilakukan BUMN pada saat nilai tukar rupiah tertekan.

“Saya tunggu usulan, saya sudah menghubungi gubernur BI, dan mantan, apa yang seharusnya dapat dilakukan BUMN agar rupiah kembali menguat,” kata Dahlan seusai acara pembekalan karir kedua menjadikan wirausaha karir kedua di Pertamina Learning Center, Simprug, Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Namun, Dahlan menjelaskan bahwa dirinya tidak bisa memaparkan langkah apa yang nanti akan di lakukan oleh BUMN. Pasalnya, hal seperti ini sangat sensitif karena menyangkut keuangan.

“Tentu saya tidak bisa umumkan, karena masalah yang sensitif seperti ini, saya tidak mau detailnya karena masalah keuangan,” tutupnya.

Seperti kita ketahui, nilai tukar rupiah kembali tertekan. Rupiah pun kembali terdepak ke level Rp10 ribuan. Rupiah melemah ke Rp10.030 per USD pagi ini. Sementara menurut yahoofinance, rupiah berada di kisaran Rp9.825 dengan kisaran perdagangan harian Rp9.823-Rp9.828.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih menjelaskan, pada perdagangan kemarin, Bank Indonesia (BI) berhasil membawa turun (menguat) nilai tukar rupiah dan ditutup di Rp9.828 per USD sementara mata uang Asia lainnya mencatat pelemahan.

Indeks di bursa Asia juga turun, termasuk IHSG yang turun drastis 3,5 persen menjadi 4.609,95. Penurunan indeks juga terjadi di pasar global. Pasar AS dan Eropa ditutup turun. (wan) (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/06/12/278/820708/dahlan-iskan-hubungi-mantan-gubernur-bi

***

BUMN siap antisipasi makin terperosoknya nilai tukar rupiah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan telah menghubungi Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardodjo terkait terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika (USD). Tidak hanya Agus Marto, Dahlan juga menghubungi Mantan Gubernur BI, Darmin Nasution mengenai masalah ini.

Saat ini Dahlan mengaku telah mendapatkan instruksi dari Agus Martowardodjo untuk mengantisipasi terus melemahnya rupiah. Namun Dahlan tidak menjelaskan secara detail mengenai langkah yang akan diambil BUMN untuk menstabilkan rupiah.

“Jelas saya hubungi Gubernur BI, mantan gubernur BI. Apa yang bisa dilakukan BUMN agar rupiah kembali menguat,” ucap Dahlan ketika ditemui di Gedung Pertamina Learning Centre di Jakarta, Rabu (12/6).

Dahlan mengaku siap dengan semua ‘senjatanya’ di BUMN untuk antisipasi rupiah agar tidak terus melemah. Namun sekali lagi, Dahlan tidak menjelaskan secara gamblang.

“Instruksi ada tapi saya tidak mau mengumbar ini. Saya sekali lagi tidak mau umbar mengenai itu,” jelas Dahlan.

Seperti diketahui, rupiah kembali mengalami tekanan hingga menyentuh angka Rp 9.870 per USD pada 11 Juni 2013. Berkat upaya intervensi valas BI, rupiah mampu menguat tipis hari ini di posisi Rp 9.820 per USD.

Rupiah sudah beberapa kali mengalami keterpurukan dalam satu dekade terakhir. Saat 1997-1998, posisi rupiah berada di level Rp 14.000 per USD. Setelah sempat membaik dan kembali bangkit, rupiah kembali terpuruk pada 2005. Saat itu, rupiah berada di level Rp 12.000 per USD dan terakhir pada krisis keuangan global 2008-2009 di mana posisi rupiah menyentuh level Rp 10.000 per USD.

[bmo]

http://www.merdeka.com/uang/bumn-siap-antisipasi-makin-terperosoknya-nilai-tukar-rupiah.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: