Dahlan dukung nepotisme dalam bisnis

“Saya tidak melihat nepotisme itu masalah hukum. Kalau buat saya keluarga ya keluarga, bisnis tidak ada ampun,”

dahlan-dukung-nepotisme-dalam-bisnis

Kata nepotisme tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Saat Indonesia bergejolak di era 1997-1998, semua serempak berujar anti nepotisme. Kata anti nepotisme pun masih didengungkan hingga saat ini.

Menteri BUMN Dahlan Iskan punya pandangan sendiri soal nepotisme. Dia justru mengaku mendukung prinsip nepotisme. Tapi dalam bidang bisnis. Prinsip nepotisme ini juga yang menjadi akar adanya bisnis keluarga. Menurut mantan dirut PLN ini arti nepotisme di Indonesia berbeda dengan nepotisme yang diterapkan di negara lain. Semisal China.

“Nepotisme itu agak berbeda dilihat dari kultur masyarakat itu. Di Tionghoa nepotisme nya beda dengan di Jawa. Kalau di Tionghoa hubungan keluarga tidak terkait langsung dengan bisnis. Intinya jika anaknya minjam uang harus dikembalikan,” ucap Dahlan dalam seminar di UNIKA Atmajaya, Jakarta, Selasa (11/6).

Menurut Dahlan, nepotisme tidak terlibat langsung dengan masalah hukum. Hal ini berbeda dengan korupsi dan kolusi yang dalam hukum merupakan hukum pidana. Dahlan secara lantang mendukung nepotisme dalam bidang bisnis.

“Saya tidak melihat nepotisme itu masalah hukum. Kalau buat saya keluarga ya keluarga, bisnis tidak ada ampun,” tegas Dahlan.

Dahlan sendiri telah mempercayakan seluruh bisnisnya kepada anaknya. Dahlan saat ini hanya fokus mengurusi pemerintahan di bidang BUMN. Dahlan sendiri memilih anaknya karena memang dicap mampu dan cakap memimpin sekitar 100 perusahaan milik Dahlan.

“Kalau nilai orang lain 7 dan anak saya 7 tidak apa apa orang lain yang ambil. Kalau nilai anak saya 9 dan orang lain cuma 7 saya lebih memilih anak saya,” tegas mantan dirut PLN ini.

[noe]

http://www.merdeka.com/uang/dahlan-dukung-nepotisme-dalam-bisnis.html

Tinggalkan Balasan

