Wow, 8 BUMN bersinergi di atas kapal

“Mereka ini akan saling kerjasama, jadi sinergi BUMN,”

Dahlan Iskan - SInergi BUMN diatas Kapal

CILEGON. Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus membuat keputusan yang menarik terkait perusahaan BUMN yang dipimpinnya. Kali ini, Dahlan mengajak delapan BUMN untuk ikut hadir dalam peresmian kapal motor penumpang (KMP) Portlink milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Ajakan Dahlan kepada delapan BUMN tersebut bukan tanpa alasan. Dahlan menjelaskan, tujuan dia mengundang delapan Direktur Utama (Dirut) BUMN karena para perusahaan akan melakukan perjanjian dengan perusahaan pelat merah lainnya. “Mereka ini akan saling kerjasama, jadi sinergi BUMN,” ujar Dahlan saat peresmian KMP Portlink, Senin (10/6).

Kerjasama pertama, antara PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) dengan PT Krakatau Steel Tbk (KRAS). Kerjasama tersebut berupa SMGR akan memanfaatkan limbah baja bekas milik KRAS untuk dikelola menjadi bahan baku semen.

Dahlan bilang bahwa selama ini baja bekas tersebut banyak menumpuk di kantor KRAS. Dengan kerjasama tersebut diharapkan produksi semen SMGR juga ikut naik.

Kedua, antara PT ASDP Indonesia Ferry dengan PT Industri Kapal Indonesia (IKI). Kerjasama tersebut berisi bahwa seluruh kapal ASDP yang ada di wilayah Indonesia timur akan dirawat oleh PT IKI.

Dahlan menjelaskan dengan adanya order perawatan kapal dari ASDP, PT IKI tidak lagi menjadi perusahaan yang ‘meninggal dunia’ karena 3 tahun yang lalu sempat tidak beroperasi.

Ketiga, antara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan Perum Perhutani. Kerjasama tersebut tentang BBRI yang akan mengatur seluruh dana operasional Perhutani yang besarannya mencapai Rp 3,6 triliun.

Keempat, antara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan PT Jamsostek. Kerjasama tersebut berupa pembukaan 500 counter service point bersama di seluruh Indonesia.

Kerjasama kelima, antara PT Indra Karya dengan Perum Perhutani. Dahlan bilang Indra Karya akan bertindak sebagai kontraktor yang membangun kantor milik Perhutani yang baru. Selain itu Indra Karya juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLMTH) di beberapa sumber air yang ada di kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani.

http://industri.kontan.co.id/news/wow-8-bumn-bersinergi-di-atas-kapal/2013/06/10

***

Dahlan: Hari Ini Ada 5 Kerjasama BUMN

BANTEN – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memberikan apresiasi kepada para BUMN yang melakukan kerjasama strategis untuk mengembangkan bisnisnya.

“Pada hari ini saja selain peresmian kapal Port Link PT ASDP, ada lima perjanjian jalinan kerjasama antar BUMN. Semen Indonesia dengan Krakatau Steel, BRI dengan Jamsostek, BRI dengan Perhutani, IKI dengan ASDP dan Indra Karya dan Perhutani,” ungkap Dahlan, di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (10/6/2013).

Dahlan menjelaskan, dalam perjanjian kerjasama antara PT Semen Indonesia dengan PT Krakatau Steel, pihak Semen Indonesia akan membeli limbah bekas baja hasil produksi Krakatau.

“Mereka ini bekerja sama dengan semen Indonesia yang akan menambah bahan baku semen dari limbah baja, produksi Semen Indonesia bisa bertambah dua juta ton. Krakatau steel yang lagi susah karena harga baja turun. Ini dilakukakan agar mendapat pemasukan,” kata dia.

“Dan untuk Semen Indonesia agar menjadi pabrik semen Indonesia terbesar di Asia tenggara dan bisa menjadi raja semen di Asia Tengara,” tambah Dahlan.

Dia menjelaskan, untuk kerjasama BUMN, BRI dengan Jamsostek adalah untuk menambah 500 JSPO (Jamsostek Service Point Office) di seluruh kota/kabupaten di Indonesia.

Untuk kerjasama BUMN, Industri Kapal Indonesia (IKI) dengan pihak ASDP Fery Indonesia adalah untuk perawatan kapal ASDP di wilayah timur Indonesia yang berpusat di Makassar.

“Untuk IKI yang dulu sempat mati, sekarang saya bangkitkan kembali, ini andalan untuk Indonesia timur, sekarang sudah bisa bangun dan bangkit. Ini membantu untuk perbaikan kapal operasional untuk ASDP di wilayah Indonesia Timur. Terlalu makan biaya kalau service di Singapura dan Jakarta, cukup di Makassar,” jelas Dahlan.

Sementara untuk kerjasama antara BUMN Indra Karya dengan Perum Perhutani adalah untuk membangun perkantoran untuk Perhutani serta pemanfaatan lahan dan hutan milik Perhutani untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). “Nanti mereka masuk ke hutan perhutani dengan membangun PLTMH kecil-kecilan,” ucap Dahlan.

Sedangkan kerjasama BRI dengan Perhutani, Dahlan mengungkapkan bertujuan untuk pemanfaatan dan penyediaan layanan jasa perbankan yakni pengelolaan operasional perusahaan melalui fasilitas Cash Management System Bank BRI. (mrt)

http://economy.okezone.com/read/2013/06/10/320/819805/dahlan-hari-ini-ada-5-kerjasama-bumn

Iklan

One Comment to “Wow, 8 BUMN bersinergi di atas kapal”

  1. Ini langkah positif yang dilakukan Menteri BUMN Dahlan Iskan, agar di antara perusahaan-perusahaan pelat merah dibawah binaannya tidak saling bersaing, bahkan jauh sebelumnya mereka saling jegal dalam persaingan yang tidak sehat. Jika mereka bisa bersinergi dan bersatu, maka perusahaan-perusahaan itu akan menjadi kekuatan yang hebat dalam usaha membangun Indonesia yang lebih baik dan lebih bermartabat. Mereka akan mampu bersama pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat hingga negara ini bisa menjadi negara maju dalam semua bidang kehidupan. Semoga harapan itu bisa segera tercapai melalui kerja kerja dan kerja secara nyata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: