Pertama Dalam Sejarah, Produksi Minyak Pertamina Tembus 200 Ribu Barel/Hari

“Produksi hulu migas Pertamina diharapkan akan terus meningkat disokong oleh produksi Pertamina EP dan blok akuisisi melalui Pertamina Hulu Energi (PHE),”
Pertamina_0

Jakarta – PT Pertamina (Persero) menyatakan angka produksi rata-rata harian minyaknya sudah tembus 200 ribu barel/hari atau mencapai 204.649 barel/hari. Ini merupakan yang pertama kali sepanjang sejarah BUMN Migas ini.

“Produksi hulu migas Pertamina diharapkan akan terus meningkat yang disokong oleh peningkatan produksi di Pertamina EP dan blok-blok yang kami akuisisi melalui Pertamina Hulu Energi,” ujar Direktur Hulu Pertamina Muhamad Husen dalam siaran pers, Senin (10/6/2013).

Peningkatan produksi ini terjadi di April 2013. Selain minyak, produksi rata-rata gas Pertamina di April 2013 mencapai 1.565 mmscfd.

Produksi minyak Pertamina meningkat didorong antaranya dari Blok ONWJ yang mencapai 40 ribu barel per hari di tahun ini.

Kemudian juga dari Blok West Madura Offshore (WMO) yang produyksi minyaknya mencapai 15.668 barel per hari di April 2013, dan 19.510 barel per hari di Mei 2013.

http://finance.detik.com

***

Produksi Minyak Pertamina Tembus 200 Ribu Barel

Direktur Hulu Pertamina, Muhamad Husen, Senin 10 Juni 2013, menjelaskan, peningkatan produksi Pertamina disokong oleh blok-blok yang diakuisisi perusahaan seperti ONWJ dan WMO.

“Produksi hulu migas Pertamina diharapkan akan terus meningkat disokong oleh produksi Pertamina EP dan blok akuisisi melalui Pertamina Hulu Energi (PHE),” ujarnya menegaskan dalam acara Editor Gathering di Hotel Four Season, Jakarta.

Ia menjelaskan, produksi blok ONWJ terus mengalami tren positif dengan produksi di atas level 40 ribu barel per hari pada Mei 2013 dan rata-rata produksi Year to Date 38.700 barel per hari. Adapun produksi blok WMO juga mengalami tren positif. Rata-rata produksi April 2013 mencapai 15.668 barel per hari dan meningkat menjadi 19,510 barel per hari.

“Per 26 April hingga saat ini produksi mulai stabil di atas 200 ribu barel,” katanya.

Senior Vice President Strategic Planning & operation evaluation Pertamina Djohardi Angga Kusuma, menjelaskan produksi minyak Pertamina pada periode 2007-2013 (year to date April 2013) naik 6,61 persen. Produksi tertinggi 2013 saat ini mencapai 208.157 barel per hari yang tercapai pada April 2013 lalu.

“Ini prestasi tertinggi sepanjang sejarah Pertamina dan anomali di tengah penurunan produksi seluruh KKKS lain yang mencapai minus 3,9 persen pada periode 2007-2012,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina EP Syamsu Alam, menjelaskan target produksi minyak Pertamina EP masih jauh di bawah target sebesar 133 ribu barel per hari. Namun, trend produksi PEP terus meningkat dan ditargetkan pada akhir tahun bisa mencapai 130 ribu barel per hari.

“Saat ini masih cukup jauh dari tatget. Dari EP belum kontribusi banyak. Sepanjang Januari-Mei terus meningkat tetapi masih di bawah target,” katanya. (umi)

http://bisnis.news.viva.co.id

***

LINK TERKAIT

Manufacturing Hope 53

Ada Brigade 200K di Pertamina

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: