Merpati Patah dan Terbelah, Dahlan Iskan: Semua Selamat

“Kalau lihat posisinya, sepertinya semua selamat,”
merpati-terbelah130610c

Liputan6.com, Banten : Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan belum menerima laporan resmi kecelakaan pesawat Merpati di Kupang, Nusa Tenggara Timur pagi tadi. Dahlan yakin tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat milik maskapai pemerintah itu.

“Kalau lihat posisinya, sepertinya semua selamat,” ungkap Dahlan saat ditunjukkan foto kondisi pesawat ketika bertugas di Banten, Senin (10/6/2013).

Pesawat Merpati MA 60 mengalami kecelakaan di Bandara El Tari, Kupang, sekitar pukul 09.40 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Para penumpang yang mengalami luka langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

“Tolong kalau ada berita terbaru kabari ke saya. Saya juga belum tahu pasti,” tutur Dahlan.

Secara terpisah Corporate Secretary PT Merpati Nusantara Airlines Herry Saptanto menjelaskan, pesawat itu mengalami hard landing saat mendarat. Akibatnya, badan pesawat patah dan terbelah. Kondisi pesawat dalam proses investigasi oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Herry mengaku belum mendapatkan Informasi mengenai sebab-sebab kecelakaan. “Kami serahkan KNKT mengenai investigasi tersebut,” kata Herry. (Ism/Sss)

http://news.liputan6.com/read/609215/merpati-patah-dan-terbelah-dahlan-iskan-semua-selamat

***

Dahlan Iskan: Saya Juga Baru Tahu!

BANTEN – Insiden yang dialami oleh PT Merpati Nusantara Airlines akibat crash landing di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk segera mengambil tindakan.

“Saya juga baru tahu, saya akan menyuruh agar (secepatnya) evakuasi korban,” ungkap Dahlan di Pelabuhan Merak, Banten (10/6/2013).

Sementara itu di tempat yang sama, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan saat ini kondisi di bandara sudah disterilkan. Dengan langsung mengambil tiga tindakan cepat.

“Langsung evakuasi korban, investigasi kejadian dan run way segara di bersihkan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, menurut kabar GM Bandara Kupang, kejadian ini diakibatkan oleh gear-nya yang keluar. “Pesawat masih di threshold. Masih di tenang run way. Menurut GM, gear-nya keluar,” ucap Bambang.

Menurut Bambang, saat ini masih menunggu alat berat untuk evakuasi setelah itu petugas KNKT masuk untuk mensterilkan run way.

“Ada police line. Tunggu KNKT. Biasanya kalau ada kecelakaan tidak boleh bergerak. Menurut berita yang harus dikonfirmasi, pesawat sempat bouncing,” tandasnya. (wdi)

http://economy.okezone.com/read/2013/06/10/320/819591/dahlan-iskan-saya-juga-baru-tahu

***

Pesawat Merpati tergelincir, Dahlan tanya korban jiwa

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan tidak berkomentar banyak ketika ditanya mengenai kecelakaan pesawat Merpati Airlines Nusantara (MNA) di Bandara El Tari, Kupang. Dahlan saat ini berada pada acara peluncuran kapal termewah dan terbesar milik ASDP.

“Ada korban jiwa tidak?,” tanya Dahlan singkat ketika ditemui di Kapal KMP PORT-LINK milik ASDP, Jakarta, Senin (10/6).

Dahlan tidak mau berkomentar lebih jauh mengenai penyebab kecelakaan dan sebagainya. Dahlan justru bertanya balik mengenai ada atau tidaknya korban jiwa.

Sebelumnya, pesawat Merpati jenis N-36 dalam penerbangan dari Bandara Soa Bajawa di Pulau Flores yang tergelincir di Bandara El Tari Kupang, Senin pagi sekitar pukul 10.15 Wita, tidak menimbulkan korban jiwa.

Menurut para saksi mata, pesawat Merpati tersebut langsung berhenti di tempat saat roda depan menyentuh landasan pacu ketika proses mendarat.

Akibatnya, pesawat tersebut tergelincir ke luar landasan pacu.

Para penumpang selamat dalam insiden tersebut, namun sebagian mengalami syok dan cedera atau terluka, sehingga langsung dilarikan ke RS TNI-AU yang ada di sebarang jalan tak jauh dari ujung barat landasan pacu.

“Saya kaget ketika mendengar ledakan. Mungkin terjadi benturan keras saat mendarat, sehingga tergelincir keluar landasan pacu,” kata Benny Lapebesi, seorang warga setempat.

Pada kecelakaan ini juga menyebabkan badan pesawat terbelah. “Ya (terbelah). Istilah kita hard landing, ada patahan,” kata Vice Presiden Corporate Secretary PT Merpati Nusantara Airlines, Herry Saptanto, saat dihubungi merdeka.com.

[bmo]

http://www.merdeka.com/uang/pesawat-merpati-tergelincir-dahlan-tanya-korban-jiwa.html

***

 

Iklan

One Comment to “Merpati Patah dan Terbelah, Dahlan Iskan: Semua Selamat”

  1. Kabar beritanya dulu pesawat ini belum ada sertifikasi International maupun FAA tapi Dephub telah memberikan sertifikat laik terbang. Tahun lalu jatuh di Papua, sekarang NTT. Sebaiknya investigasi lagi kelaikan pesawat ini utk terbang di wilayah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: