Kelompok Kaya Miliki Peran Besar

“Jumlah penduduk miskin kita masih setara dengan jumlah penduduk Australia secara keseluruhan. Jadi masih sangat besar,”

Dahlan Iskan - Talk Show

SURABAYA (Suara Karya): Pemerintah meyakini, kemajuan perekonomian Indonesia di masa mendatang sangat tergantung pada perilaku 130 juta orang kaya yang ada di negeri ini. Meski mereka tidak memikirkan bangsanya sendiri, perilaku mereka telah memicu pertumbuhan lapangan kerja, yang saat ini sangat dibutuhkan Indonesia.

Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan, orang-orang kaya itu sebetulnya hanya memikirkan bagaimana agar dirinya sendiri bisa lebih maju lagi, dengan memenuhi segala kebutuhannya.

“Kalau 10 tahun lagi perekonomian Indonesia bisa lebih maju, itu berkat jasa para orang kaya yang ada sekarang,” ujarnya saat Talk Show di IAIN Sunan Ampel Surabaya, akhir pekan kemarin.

Para orang kaya itu, kata dia, berusaha lebih maju dengan segala cara. Mereka yang sudah memiliki satu toko, berusaha memiliki dua toko, ganti handphone yang lebih modern dan semua kebutuhan lain yang dianggap bisa menopang kemajuan mereka.

Perilaku orang-orang kaya itu diyakini bakal ikut membantu menekan angka kemiskinan di Indonesia yang saat ini masih mencapai 36 juta orang.

“Jumlah penduduk miskin kita masih setara dengan jumlah penduduk Australia secara keseluruhan. Jadi masih sangat besar,” ujarnya.

Dari total 36 juta penduduk miskin tersebut, sekitar 5-6 juta diantaranya dalam kondisi tua dan sakit-sakitan. Imbasnya, beragam program pemerintah terkait penambahan lapangan kerja tidak akan berpengaruh banyak terhadap penduduk miskin seperti itu.

Tak Bekerja

Sementara sisanya yang sekitar 30 jutaan orang, berstatus miskin karena tidak memiliki pekerjaan dan ada juga yang karena memang pemalas. Terkait dengan hal itulah, pihaknya mendukung para mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya yang sudah memiliki semangat berwirausaha. Keahlian itu dinilai bisa membantu menciptakan lapangan kerja.

Dalam talk show tersebut, Dahlan meminta para mahasiswa yang memiliki usaha untuk maju ke depan panggung. Tanpa diduga, lebih dari 30 mahasiswa mengacungkan tangan dan mengaku sudah memiliki usaha sendiri.

Satu persatu, para mahasiswa pelaku usaha itu diminta untuk memaparkan jenis usaha yang sedang digelutinya masing-masing. Dahlan kemudian membagi-bagikan uang Rp 1 jutaan kepada para mahasiswa yang usahanya dianggap paling penuh perjuangan. (Andira)

http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=328252

Iklan

One Comment to “Kelompok Kaya Miliki Peran Besar”

  1. Beginilah cara Menteri BUMN Dahlan Iskan memberikan motivasi para mahasiswa untuk menekuni suatu usaha. Selain dia menjelaskan arti penting membuka usaha atau lapangan kerja sendiri, dia pun memberikan hadiah kepada mereka yang telah menunjukkan kegigihannya membuka usaha. Sehingga mereka semakin semangat untuk terus berusaha, sementara lainnya pasti akan tertarik untuk membuka usaha juga. Semoga sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: